Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan bahwa Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong di Provinsi Papua Barat Daya sudah siap menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Pulau Papua.

"BPVP Sorong siap tampil di garda depan untuk menyiapkan generasi emas Papua," kata Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie sebagaimana dikutip dalam keterangan pers kementerian yang diterima di Jakarta, Rabu.

Caswiyono menekankan pentingnya peningkatan kompetensi SDM di Pulau Papua yang kaya sumber daya alam (SDA).

"SDA yang kaya membutuhkan SDM yang berdaya untuk mengelolanya," kata dia.

Guna mendukung pengembangan SDM Papua, ia mengatakan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sudah mencanangkan transformasi BLK Sorong menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia di Pulau Papua.

Transformasi yang dilaksanakan sejak tahun 2021, menurut dia, mencakup reformasi kelembagaan, re-desain pelatihan, revitalisasi infrastruktur, peningkatan SDM pelatihan, pengembangan kolaborasi, hingga penjenamaan.

"Melalui terobosan ini, kini BPVP Sorong memiliki tata kelola yang lebih baik, program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja Papua, gedung dan sarana pelatihan yang memadai, SDM pelatihan yang kompeten, serta kemitraan dan jaringan kerja yang semakin luas," ia menjelaskan.

Ia menyampaikan bahwa kementerian telah merancang kembali program pelatihan sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal di berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata, di Pulau Papua.

BPVP Sorong, menurut dia, mendukung peningkatan kompetensi SDM pariwisata dalam bidang perhotelan, bahasa, hingga kuliner.

Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan merevitalisasi infrastruktur pelatihan dengan membangun fasilitas lokakarya baru, melakukan modernisasi peralatan pelatihan, serta meningkatkan aksesibilitas pelatihan.

Guna meningkatkan jangkau program pelatihan, Kementerian Ketenagakerjaan berencana membangun balai pelatihan vokasi di seluruh provinsi di Pulau Papua serta fasilitas lokakarya satelit di daerah-daerah strategis Papua.

Caswiyono mengatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan berencana mulai membangun UPTP Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas di Jayapura dalam tahun 2023.

Tahun depan, BPVP ditargetkan bisa dibangun di provinsi-provinsi baru di Pulau Papua seperti Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

"Ini sangat penting untuk memeratakan akses pengembangan SDM sebagai bentuk kehadiran negara untuk memenuhi hak semua warga Papua untuk meningkatkan kompetensi," kata Caswiyono.

Di samping menyediakan fasilitas pelatihan, Kementerian Ketenagakerjaan membangun Talent Corner di BPVP Sorong untuk memfasilitasi anak-anak muda Papua mengembangkan diri.

"Kami mengajak anak-anak milenial di seluruh tanah Papua untuk datang mengembangkan potensinya di BPVP Sorong," kata Caswiyono.

Baca juga:
KKP pacu SUPM Sorong siapkan SDM mumpuni
Mendagri minta pemda di Papua tingkatkan pembangunan SDM

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023