Perbankan harus memberikan layanan digital kepada nasabah untuk mengikuti perkembangan zaman yang telah didominasi oleh kaum milenial,...
Jakarta (ANTARA) - Lembaga keuangan menyiapkan beragam skema pembiayaan yang bisa dimanfaatkan oleh milenial untuk membeli rumah.

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan, salah satu bentuk inovasi perbankan dalam memberi kemudahan kepada milenial untuk memiliki rumah adalah dengan menyiapkan skema pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) yang bisa diakses secara digital.

“Perbankan harus memberikan layanan digital kepada nasabah untuk mengikuti perkembangan zaman yang telah didominasi oleh kaum milenial,” kata Fidri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Nasabah KPR Bank Mandiri dalam tiga tahun terakhir didominasi milenial

Dia mengungkapkan 70 persen posisi struktur KPR di Bank DKI dikuasai oleh kelompok milenial. Hal itu yang memotivasi bank untuk menghadirkan layanan pengajuan KPR melalui digital.

Menurut Fidri, Bank DKI mempelajari pengalaman dan pasar dalam hal kemudahan mengambil KPR lewat digital. “Kita bisa lihat transaksinya serta aplikasinya, kalau cocok ambil. Jangka waktunya (KPR) 25 tahun, kita sudah mengakomodir semua,” jelas dia.

Selain inovasi melalui digital, lembaga keuangan juga menciptakan skema pembiayaan dengan konsep sewa menjadi beli.

Hal itu dilakukan oleh PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) yang tengah mempersiapkan produk pembiayaan Rent to Own (RTO).

“Skema sewa beli ini kelebihannya adalah nanti masyarakat itu menyewa dulu rumah tersebut, jadi kalau mereka berminat atau berkenan nanti mereka bisa konversi untuk membeli,” ujar Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo.

Terdapat dua jenis pilihan pembiayaan skema RTO, yakni melalui pembelian langsung dengan KPR atau perjanjian sewa hingga periode tertentu yang kemudian rumah terkait akan dihibahkan.

Baca juga: BRI targetkan penyaluran KPR Rp200 miliar dari KPR Property Expo Medan

Sejauh ini, program tersebut masih dalam tahap piloting. Namun, SMF menargetkan skema RTO dapat menjangkau masyarakat yang belum memiliki akses ke perbankan atau bankable, terutama segmen non fixed income serta masyarakat yang kesulitan menyiapkan uang muka.

“Secara produk harusnya menjadi produk yang bisa membantu segmen non fixed income yang notabene lebih besar dari fixed income. Mudah-mudahan ini bisa diminati,” kata Heliantopo.

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023