optimis umat Islam di Jakarta Utara menghadapi masa depan dengan penuh keyakinan
Jakarta (ANTARA) - Umat Islam di Jakarta Utara kompak menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban pada Kamis (29/6)  meski ada yang sudah menunaikan shalat Idul Adha  pada Rabu, kata tokoh masyarakat Jakarta Utara, Sabri Saiman.

Sabri yang ditemui usai melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Darusy-syifa, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu, mengaku bangga dengan kerukunan beragama di wilayahnya.

"Mungkin Muhammadiyah berbeda dengan pemerintah, tapi perbedaan itu adalah rahmat. Perbedaan itu tetap ada tapi tidak menjadi masalah, karena tujuannya apa, ini ibadah," kata Sabri.

Shalat Idul Adha yang dilaksanakan Muhammadiyah pada Rabu bertepatan dengan waktu shalat Idul Adha di Makkah, Arab Saudi.

Muhammadiyah mempunyai kaidah tersendiri dalam menetapkan penanggalan Hijriah, yang berbeda dengan pemerintah Republik Indonesia. Namun, menurut Sabri, perbedaan itu justru ada hikmahnya.

Dia mengatakan hikmahnya adalah keteguhan dalam berakidah saat ini menyelimuti diri masyarakat Jakarta Utara.

"Sebagai warga Jakarta Utara, saya sudah berkali-kali katakan, mungkin dari lima wilayah kota, yang paling membuat saya bangga itu adalah kerukunan di Jakarta Utara," kata Sabri.

Dia optimis umat Islam di Jakarta Utara menghadapi masa depan dengan penuh keyakinan, bahwa sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas akan dibalas Allah dengan memberikan keberkahan.

"Harapannya, keteguhan berakidah ini membuat masyarakat Jakarta Utara tidak ada yang boleh mempermainkan," kata Sabri.

Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jakarta Utara menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban secara serentak pada Kamis, sebagai bentuk saling menghargai antarsesama umat Islam.

"Hari ini Muhammadiyah melaksanakan shalat Idul Adha tapi tetap penyembelihan hewan kurban baru besok kami laksanakan," kata Sekretaris PDM Jakarta Utara Suwardi ditemui di Cilincing, Rabu.

Masjid Darusy-syifa adalah fasilitas di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura-Kelapa Gading, Cilincing, yang digunakan untuk rangkaian acara perayaan Idul Adha 1444 Hijriah oleh PDM Jakarta Utara pada Rabu.

Direktur Utama RS Islam Jakarta Sukapura-Kelapa Gading dr Tresia Mahaputeri mengatakan rangkaian acara Idul Adha diawali dengan shalat Idul Adha di halaman masjid RS Islam Jakarta Sukapura pada Rabu, dipimpin imam sekaligus khotib yaitu Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman serta diikuti sedikitnya 3.000 jemaah.

Selanjutnya, Direktur Administrasi RS Islam Jakarta Sukapura Surya Fitri mengatakan panitia kurban Masjid Darusy-syifa sudah menerima lima sapi dan enam kambing dari dokter dan donatur lainnya yang siap disembelih dan dibagikan kepada yang berhak menerima pada Kamis.

Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) pun melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada Kamis pukul 08.15 WIB.

Dalam jadwal prosesi kurban di JIC yang dihimpun ANTARA, Rabu, prosesi penyembelihan hewan kurban dilakukan pada Kamis setelah shalat Idul Adha pada pukul 06.00 WIB dan acara ramah-tamah.

JIC menjadwalkan penyembelihan dan pencacahan daging, berikut penimbangan selesai pukul 13.00 WIB, agar pukul 14.00 WIB, paket daging sudah bisa disalurkan kepada masyarakat yang berhak.
Baca juga: Sekitar 5.000 orang kunjungi Margasatwa Ragunan pada libur Idul Adha
Baca juga: Masjid Al-Azhar tampung 15 ribu jamaah shalat Idul Adha 1444 Hijriah
Baca juga: Gedung PP Muhammadiyah siap tampung 1.500 jamaah Shalat Idul Adha esok

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023