Masjid Agung Al-Azhar menerima hewan kurban pada Idul Adha kali ini sebanyak delapan ekor sapi dan 29 ekor domba atau kambing
Jakarta (ANTARA) - Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menampung sekitar 15.000 jamaah shalat Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu pukul 07.00 WIB.

"Kami mampu menampung 15 ribu jamaah pada Idul Adha kali ini," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar H Iding saat ditemui, di Jakarta, Rabu.

Iding menuturkan shalat Idul Adha  dipimpin oleh Imam H Achmad Khotib dan khatib adalah H Jimly Asshiddiqie.

Berdasarkan pantauan di lokasi, jamaah pria dan perempuan tampak melaksanakan shalat pada saf-saf yang telah dipersiapkan yakni lapangan hijau untuk jamaah lelaki.

Sedangkan jemaah perempuan berada di bagian batas lapangan hijau hingga ke bagian pintu masuk masjid.

Masjid Agung Al-Azhar menerima hewan kurban pada Idul Adha kali ini sebanyak delapan ekor sapi dan 29 ekor domba atau kambing.

Kemudian, Masjid Agung Al-Azhar juga menerima dari institusi Al-Azhar lainnya mulai dari TK, SD, SMP, dua SMA, dan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang secara total nasional sebanyak  81 ekor sapi dan 735 ekor domba atau kambing.

"Untuk pemotongan Insyaallah kita akan laksanakan serentak besok Kamis pagi dan hari ini tidak ada pemotongan," sambungnya.

Nantinya daging yang sudah dipotong akan didistribusikan ke sejumlah wilayah Jabodetabek oleh pihak Al-Azhar.

Sementara itu, khatib Jimly Asshiddiqie juga mengingatkan kepada jamaah untuk bisa amanah saat menerima jabatan yang dipercayakan dan lebih baik berlomba-lomba dalam kebaikan.

"Jadi spirit Idul Adha ini, ingin memberi pesan moral jadilah kita orang yang peduli, berbagi dan memberikan karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat," kata Jimly.
Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan 2.313 personel amankan kegiatan Idul Adha
Baca juga: Menko PMK sarankan pemotongan hewan kurban dilaksanakan serentak Kamis
Baca juga: Sekjen MUI: Perbedaan waktu Idul Adha jadi kesempatan hargai perbedaan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023