Dari 908 ekor hewan kurban yang akan disembelih pada saat lebaran Idul Adha tahun ini, ada 720 ekor di antaranya jenis sapi, 63 ekor kerbau, dan 125 ekor kambing.
Mukomuko (ANTARA) -
Hewan kurban warga di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah tahun ini tercatat 908 ekor atau menurun dibandingkan tahun lalu 1.251 ekor.
 
"Data yang kami terima dari Kantor Urusan Agama (KUA) sejak sepekan terakhir 908 hewan kurban yang disembelih pada lebaran Idul Adha di daerah ini," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko Widodo di Mukomuko, Rabu.
 
Ia mengatakan hal itu berdasarkan data yang diterima Kemenag Kabupaten Mukomuko dari 15 KUA yang tersebar di daerah setempat.
 
Dari 908 ekor hewan kurban yang akan disembelih pada saat lebaran Idul Adha tahun ini, ada 720 ekor di antaranya jenis sapi, 63 ekor kerbau, dan 125 ekor kambing.
 
Dikatakan, tidak mengetahui penyebab jumlah hewan kurban tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya, padahal tahun ini Kabupaten Mukomuko bebas dari pandemi COVID-19.
 
"Seharusnya jumlah hewan kurban tahun lalu lebih kecil dibandingkan tahun ini karena tahun lalu masih dalam suasana COVID-19, tetapi justru sebaliknya tahun ini jumlahnya berkurang," ujarnya.
 
Kendati demikian, menurutnya, tidak tertutup kemungkinan jumlah hewan kurban di daerah ini bertambah saat hari lebaran Idul Adha karena pendataan jumlah hewan kurban yang dilakukan oleh KUA seminggu yang lalu.
 
Sementara itu, dari sebanyak 908 ekor hewan kurban tersebut, warga yang tersebar di Kecamatan Penarik yang paling banyak menyembelih hewan kurban pada tahun ini yakni mencapai sebanyak 150 ekor.
 
Kemudian warga Kecamatan Teramang Jaya sebanyak 100 hewan kurban, Kecamatan Sungai Rumbai sebanyak 84 ekor hewan kurban, sebanyak 81 ekor di Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan Kota Mukomuko sebanyak 78 ekor, Kecamatan XIV Koto sebanyak 76 ekor.
 
Kecamatan Pondok Suguh sebanyak 67 ekor hewan kurban, Kecamatan Ipuh sebanyak 56 ekor, Kecamatan Selagan Raya sebanyak 39 ekor hewan kurban, dan Kecamatan Air Rami 36 ekor.
 
Kecamatan Teras Terunjam 32 ekor, Kecamatan Malin Deman 31 ekor hewan kurban, Kecamatan Air Dikit sebanyak 30 ekor ekor hewan kurban, dan Kecamatan V Koto 27 ekor hewan kurban.
Baca juga: Jumlah hewan kurban di Kabupaten Mukomuko menurun
Baca juga: Distan Mukomuko berikan layanan keliling obati ternak terjangkit LSD
Baca juga: Distan: 5.650 ternak di Mukomuko telah divaksin PMK

 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023