Mukomuko (ANTARA) -
Sejumlah warga Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dikagetkan penemuan seekor buaya berukuran dua meter di dalam sumur darurat di wilayah tersebut.
 
Kepala Kepolisian Sektor Mukomuko Utara Iptu Yudha Ferry Wijaya di Mukomuko, Jumat, mengatakan, warga menemukan buaya dalam sumur darurat yang berada di perbatasan antara Kecamatan Air Dikit dengan Kecamatan Kota Mukomuko sekira pukul 09.00 WIB.
 
"Buaya tersebut ditemukan oleh dua orang warga Kelurahan Koto Jaya, Monas Chandra (56) dan Suadi (47)," ujarnya.

Baca juga: Kembali ditemukan warga tewas diduga diterkam buaya di Buton Utara
 
Ia mengatakan, berdasarkan keterangan dua warga tersebut, salah seorang warga setempat sedang mencari sarang lebah madu hutan di sekitaran hutan mangrove di sepanjang pantai abrasi tepatnya di perbatasan Kecamatan Air Dikit dengan Kecamatan Kota Mukomuko.
 
Di tengah perjalan mencari madu tersebut, katanya, terdengar suara air di dalam sumur darurat seperti ada hewan yg masuk ke dalamnya. Karena penasaran warga tersebut kemudian melihat sumur tersebut dan ternyata benar ada seekor buaya.

Baca juga: Tim SAR temukan pemanah ikan diterkam buaya dalam keadaan meninggal
 
Atas kejadian tersebut, katanya, warga tersebut langsung memberitahukan kepada ketua RT 06 Kelurahan Koto Jaya untuk meminta bantuan mengevakuasi buaya sembari menghubungi anggota Polsek Mukomuko Utara.
 
"Ciri-ciri buaya yang ditemukan oleh warga tersebut berukuran sepanjang dua meter dan berjenis kelamin betina," ucapnya.

Baca juga: Tim SAR temukan pemancing tewas diterkam buaya
 
Ia mengatakan, sampai saat ini buaya tersebut telah diamankan di rumah warga hingga menunggu pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Mukomuko datang untuk menjemputnya.
 
Selanjutnya, ia mengimbau kepada warga setempat untuk tidak membunuh buaya tersebut dan tidak menjadikan satwa dilindungi terasebut sebagai tontonan, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
 
Selain itu, ia juga mengimbau, kepada warga yang rutin mencari madu hutan terutama di lokasi penemuan buaya tersebut untuk berhati-hati agar tidak dimangsa satwa tersebut.

Baca juga: Basarnas temukan jasad anggota TNI diduga diterkam buaya
Baca juga: Tim SAR temukan jasad Baharuddin dalam perut buaya

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023