Medan (ANTARA) - Para pengusaha UMKM Medan mengapresiasi perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Medan, yang dipimpin Wali Kota Muhammad Bobby Afif Nasution, kepada mereka.

"Perhatian Pemerintah Kota Medan bagus. Alhamdulillah," ujar pengusaha UMKM kriya Widia kepada ANTARA di acara "Bulan Layanan UMKM", Medan, Rabu.

Menurut Widia, salah satu upaya Pemko Medan yang mendukung perkembangan UMKM adalah dengan rutin menggelar kegiatan pameran seperti Bulan Layanan UMKM tersebut.

Selain itu, pelaku UMKM pun dipermudah untuk mengurus perizinan dan administrasi lain.

"Seperti, misalnya, mengurus HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual-red) itu gratis," kata Widia.

Pandangan serupa juga diutarakan pelaku UMKM Medan lainnya, Yuni. Perempuan yang memproduksi sepatu rajut itu memuji kebijakan Wali Kota Medan yang membuat banyak kegiatan untuk UMKM.

Bukan cuma itu, Pemko Medan pun rajin memberikan beragam pelatihan yang menambah wawasan UMKM.

"Sebelumnya, saya mengira hanya produk kuliner saja yang perlu perizinan. Namun ternyata kerajinan tangan juga. Ternyata, pengurusannya mudah dan banyak dibantu," tutur Yuni.

Pemko Medan di bawah komando Wali Kota Muhammad Bobby Afif Nasution memiliki lima program prioritas yang salah satunya yaitu pemberdayaan UMKM.

Untuk itu, beragam program dibuat demi mewujudkannya seperti membantu pengusaha UMKM daftarkan HAKI secara gratis, mempermudah pengurusan izin usaha dan mendampingi UMKM sampai memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Pada tahun 2022, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan menyatakan, jumlah pelaku UMKM yang terdata di Simdakop UMKM (Sistem Pendataan Koperasi dan UMKM) Medan mencapai 38.343 UMKM.

Dari jumlah itu, ada 1.825 UMKM yang terdaftar sebagai binaan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan.

Adapun "Bulan Layanan UMKM" 2023 digelar oleh Pemerintah Kota Medan pada 26 Juni-9 Juli 2023 di Manhattan Times Square, Medan.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 20 pelaku UMKM yang dibina oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

Selain pameran, pada kegiatan itu Pemko Medan juga membuka layanan untuk perizinan usaha, NIB, HAKI, Halal dan Administrasi Kependudukan. Selain itu, ada pula acara pendukung seperti gelar wicara, hiburan dan beberapa lomba.


Baca juga: Pelaku UMKM Medan manfaatkan "Bulan Layanan UMKM" untuk promosi

Baca juga: Pemkot Medan menargetkan 12 produk UMKM tembus pasar ekspor tahun ini

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023