Acara ini sungguh mengapresiasi musik
Jakarta (ANTARA News) - "Ada kah di sini yang datang dari Malaysia?" teriak Atilia, bintang jazz asal Malaysia.

Sontak belasan orang di B-I MLD Spot Hall, Jumat malam, berteriak melambaikan tangan. Atilia pun tampak sumringah melihat banyak "orangnya" hadir menyaksikan dia tampil pada hari pertama perhelatan "Jakarta International Djarum Super MLD Java Jazz Festival 2013", di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Pemilik nama lengkap Raja Putri Atilia bt Raja Haron itu tampil memukau lewat aksi panggungnya yang atraktif. Dengan mengenakan gaun hitam pendek nun elegan, Atilia membawakan sekitar sepuluh lagu.

Suasana semakin memanas berkat antusias penonton yang begitu tinggi. Mereka betul-betul dibuat Atilia menikmati konser malam itu lewat suara merdunya.

Penonton di bibir panggung menari dengan bebas, mengekspresikan kebahagiaan mereka malam itu. Atilia pun tak kuasa menahan tawa bahagianya sambil menunjuk-nunjuk penonton untuk terus bergoyang bersamanya.

"Saya senang sekali bisa berada di sini lagi. Ini adalah pengalaman yang luar biasa," ujarnya. 

Debut Atilia di Java Jazz dimulai sejak tahun 2008 dimana ia berhasil merebut hati penonton lewat suara khasnya yang renyah. Ia pun melebarkan sayapnya dengan mengajak kerjasama band jazz Indonesia, Maliq & D'Essentials pada album keduanya yang bertajuk, "Indah".

Lagu, "Harus Bagaimana", milik Angga cs itu menjadi salah satu pilihan lagu yang ia nyanyikan dan berhasil menambah hidup suasana.

Ia juga membawakan lagu "Imagine" milik band legendaris The Beatles. Lagu tersebut terdengar berbeda dari aslinya dengan kental warna jazz.

Kejutan ternyata belum berhenti sampai di situ. Tiba-tiba saja, sahabat Atilia yang juga penyanyi jazz Malaysia, Elvira Arul naik ke panggung. Suara berat Elvira menambah warna pada lagu tersebut. Penonton pun tak berhenti bertepuk tangan menyaksikan duet memukau itu.

Konser terus berlanjut dengan lagu-lagu miliknya yang sebagian besar berbahasa inggris. Melihat banyaknya penonton yang hadir dari Malaysia, ia pun menyanyikan sebuah lagu lawas Malaysia berjudul, "Gelombang".

Lagu tersebut pernah populer dinyanyikan ibunya, Salamiah Hassan, yang merupakan penyanyi jazz terkenal di negaranya.

Tanpa diduga, penonton pun ikut bernyanyi dengan wajah sumringah. Salah satunya, Mafa, mahasiswi Multimedia University, Kuala Lumpur, Malaysia itu tampak bernostalgia menyanyikan lagu tersebut bersama kedua orang tuanya.

"Lagu ini cukup populer, lagu lawas," kata Mafa yang datang ke Indonesia khusus untuk menikmati Java Jazz itu.

Ia pun mengaku bangga menyaksikan artis dari negaranya bisa tampil di Java Jazz. "Di kalangan dunia jazz Malaysia, dia memang terkenal. Suaranya juga khas," tambahnya.

Setelah membawakan beberapa lagu populer milik orang lain, "kembang Malaysia" itu melanjutkan dengan beberapa lagu miliknya seperti "Silly Little Thing" dan "Selagi".  Lagu "Selagi" yang bernuansa nge-beat itu sekaligus menutup penampilannya.

"Acara ini sungguh mengapresiasi musik. Terimakasih sudah datang," ujar Atilia seraya melambaikan tangan pada penonton.
(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013