Jakarta (ANTARA) - Khatib shalat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi di Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta, Kamis, mengajak masyarakat, khususnya umat Muslim untuk meneladani sifat Nabi Ibrahim AS.

"Amal-amal yang membuat Nabi Ibrahim jadi kekasih Allah, ada tiga amalan. Pertama, lebih mengutamakan Allah dari yang lain. Kedua, memiliki sifat sabar dan tawakal kepada Allah, dan yang ketiga memiliki sifat sosial yang sangat tinggi dan peduli kepada sesama," kata khatib Sholat Idul Adha Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta, KH Faturahman Ya'qub.

Dalam penjelasan khutbahnya, KH Faturahman menjabarkan bahwa Nabi Ibrahim rela mengorbankan hartanya di jalan Allah, yaitu mengorbankan ratusan hewan ternak miliknya berupa onta dan kambing.

Baca juga: Ma'ruf Amin shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta

Sementara dari sifat sabar dan tawakalnya, khatib menjelaskan bahwa Nabi Ibrahim sabar dalam menjalani perintah Allah untuk mengorbankan putranya sendiri, yaitu Ismail, kendatipun merupakan anak yang sangat dinantinya sejak lama.

Sedangkan amalan yang ketiga, adalah sifat sosialnya yang sangat tinggi. "Sifat sosial, kerja sama, kasih sayang, gotong royong," kata KH Faturahman Ya'qub.

Dia mengajak agar masyarakat, khususnya jamaah shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta bisa meneladani sifat-sifat Nabi Ibrahim.

Seusai pelaksanaan shalat Idul Adha, DKM Masjid KH Hasyim Asy'ari akan melakukan pemotongan hewan kurban berupa sapi dan kambing.

Berdasarkan data dari panitia kurban Masjid KH Hasyim Asy'ari, terdapat enam ekor sapi dan tiga ekor kambing yang akan dikurbankan dan dibagikan kepada masyarakat sekitar. Salah satu sapi yang dikurbankan adalah sapi dari Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Ratusan ribu warga tunaikan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Baca juga: Presiden Jokowi laksanakan shalat Idul Adha di Istana Yogyakarta

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023