Yogyakarta (ANTARA) - Ribuan warga dan wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta antusias mengikuti Shalat Idul Adha 1444 Hijriah bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana di halaman Gedung Agung Kota Yogyakarta, Kamis.

Antusiasme warga itu membuat halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta penuh dengan jamaah, bahkan meluber hingga depan gerbang utama gedung itu.

Mereka dipersilakan memasuki kawasan Gedung Agung setelah melalui pengecekan oleh petugas.

"Hari ini sangat spesial, sangat istimewa karena di Gedung Agung ini hadir Presiden Joko Widodo untuk membersamai masyarakat Kota Yogyakarta dalam melaksanakan Shalat Id," kata Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo.

Shalat Id bersama Presiden Joko Widodo, katanya, sebagai suatu kebanggaan tersendiri bagi warga setempat.

"Saya sendiri bergabung membersamai Pak Presiden. Tentu ini suatu kebanggaan tersendiri bisa membersamai Beliau," ucap dia.

Ia mengaku telah memastikan kepada Presiden Jokowi bahwa "Kota Gudeg" --sebutan untuk Kota Yogyakarta-- dalam situasi aman dan nyaman.

"Saya sampaikan secara umum bahwa Kota Yogyakarta sekarang ini dalam kondisi aman dan nyaman sehingga ini bagian kita memberikan atmosfer atau lingkungan yang baik, aman, dan nyaman selama Beliau berada di Yogyakarta," tutur dia.

Salah seorang warga Islam setempat, Lentik Rosita (35), mengaku mengetahui informasi Shalat Idul Adha bersama Presiden Jokowi dari temannya.

Baca juga: Heru menyalami warga usai shalat Idul Adha di Balai Kota

Berangkat dari kediamannya di Seturan, Kabupaten Sleman, ia beserta keluarga tiba di Gedung Agung, pukul 05.30 WIB.

"Seneng banget. Ini baru pertama kali Shalat Id di sini," ujar dia.

Anggota jamaah lainnya, Yanuar, mengaku puas sebab selain dipersilakan mengikuti Shalat Idul Adha di Gedung Agung, juga berkesempatan berfoto bersama orang nomor satu di Indonesia itu.

"Seumur hidup saya belum pernah foto bareng sama Beliau. Saya sangat bersyukur," ujar warga Jogokariyan, Kota Yogyakarta ini.

Kepala Polda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan pengamanan terkait dengan kegiatan Presiden Jokowi tersebut di bawah koordinasi dan kendali Pangdam Diponegoro.

Menurut dia, tidak ada kekhususan dalam pola pengamanan Shalat Idul Adha bersama Presiden. Petugas kepolisian lebih banyak dikerahkan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas di kawasan Jalan Malioboro itu.

"Ini responsnya luar biasa. Begitu tahu tadi malam semua berbondong-bondong. Kita lihat yang datang ada wisatawan juga masyarakat setempat antusias sekali mengikuti ibadah ini," ujar dia.

Baca juga: Ma'ruf Amin shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta
Baca juga: Presiden Jokowi laksanakan shalat Idul Adha di Istana Yogyakarta
Baca juga: Mahfud MD berkhotbah utamakan persaudaraan di tahun politik

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023