Surabaya (ANTARA) - DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya memotong 14 sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian untuk dibagikan kepada warga tidak mampu di Kota Pahlawan, Jawa Timur, pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Keluarga besar PDI Perjuangan Surabaya menyampaikan selamat Hari Raya Idul Adha. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga dapat mengambil hikmah spiritual dan hikmah sosial dari peringatan Idul Adha yang sangat penting ini," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya, Adi Sutarwijono, di Surabaya, Kamis.

Baca juga: Dinas Pertanian Kudus tak temukan hewan kurban berpenyakit

Menurut dia, 14 sapi tersebut merupakan hasil gotong-royong dari para kader PDI Perjuangan di Surabaya. Gotong royong juga datang dari DPD PDI Perjuangan Jatim, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, Ketua DPC PDIP Surabaya sekaligus Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, anggota Fraksi PDIP DPRD Surabaya, dan berbagai pihak yang mempercayakan pelaksanaan kurban pada PDI Perjuangan Surabaya.

Ia mengatakan, para kader PDIP Surabaya menjadikan Idul Adha sebagai momentum untuk menjadi pribadi dengan spiritual yang lebih baik. Di antaranya dengan meningkatkan sikap welas asih dan mau berkorban demi kepentingan sesama.

"Sikap mau berkorban untuk sesama adalah perwujudan dari gerakan ke akar rumput, membersamai warga dalam segala situasi dalam kerja-kerja politik kerakyatan yang konsisten, sebagaimana diamanatkan Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri, termasuk dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno di GBK Jakarta 24 Juni lalu," ujar Adi yang juga ketua DPRD Surabaya.

Baca juga: Wabup Probolinggo: Idul Adha momentum tingkatkan taqwa dan rasa sosial

Hadir di RPH Pegirian di antaranya Wali Kota, Eri Cahyadi, Bendahara DPC PDI Perjuangan Surabaya, Taru Sasmito, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya, Syaifuddin Zuhri, beserta jajaran, dan puluhan kader banteng.

"Dengan pelaksanaan kurban, maka segenap kader-kader PDI Perjuangan harus berikhtiar terus untuk memperhatikan warga yang tidak mampu dan kita berjuang dengan kekuatan gotong royong untuk berusaha mengentaskan dan memperbaiki kehidupan mereka," kata Wali Kota Eri.

Sementara itu Sasmito menambahkan, seluruh daging dari hewan-hewan kurban itu didistribusikan ke 31 kecamatan melalui jaringan struktur PDI Perjuangan.

"Didistribusikan ke warga masyarakat yang tidak mampu dan warga yang membutuhkan. Penyaluran memakai alat transportasi kader-kader PDI Perjuangan," kata dia.

Baca juga: KPKP Jakbar: Hewan kurban Masjid Raya Hasyim Asy'ari penuhi syarat

Ketua Panitia Idul Adha PDI Perjuangan Kota Surabaya, Abdul Ghoni Mukhlas Niam, mengatakan, para kader PDIP Surabaya yang beragama Islam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha dengan penuh antusias. Di masing-masing tempat tinggal, mereka ikut menggemakan takbir dan menjalankan sholat Idul Adha.

"Seusai sholat Idul Adha, para kader ada yang menjadi panitia penyembelihan hewan kurban di masing-masing lingkungan tempat tinggalnya. Ada pula yang kemudian bergabung dengan tim PDIP yang juga melakukan pemotongan hewan kurban. Kita semua pengorbanan dan dahsyatnya iman Nabi Ibrahim AS dan puteranya Nabi Ismail," ujar Abdul Ghoni yang Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Surabaya.

Baca juga: FKUB Sulteng ajak umat beragama bekerja sama kurangi kesenjangan

Alumnus UIN Sunan Ampel Surabaya itu mengatakan, pemotongan hewan kurban dari PDIP Surabaya itu menggunakan jasa RPH di Jalan Pegirian, yang merupakan BUMD milik Pemkot Surabaya.

"Kami memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat. Oleh tim RPH maupun dinas terkait Pemkot Surabaya, semua hewan kurban telah dicek kesehatannya. Sehingga insya Allah daging yang dihasilkan pun sehat dan segar," ujar dia.

Usai disembelih, daging hewan kurban kemudian didistribusikan ke warga yang membutuhkan. "Semoga berkah dan penuh manfaat bagi warga. Dan kita semua bisa terus meneladani kekuatan iman Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, sehingga dengan Idul Adha ini kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik," ucapnya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023