Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat menyumbang 52 hewan kurban terdiri atas 39 sapi dan 13 kambing kepada masyarakat untuk merayakan Idul Adha 1444 Hijriah pada Kamis.

Sebanyak 52 hewan kurban tersebut disumbangkan kepada masyarakat usai Shalat Idul Adha di halaman Polres Metro Jakarta Barat (Jakbar) di Jalan Daan Mogot.

"Pelaksanaan Shalat Idul Adha ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi sesama anggota Polres dan masyarakat sekitar sehingga tercipta sinergi berikut ketertiban dan keamanan masyarakat," ungkap Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M Syahduddi.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha tersebut diikuti oleh Kesatuan Polres Metro Jakarta Barat dan sekitar 150 warga sekitar Mako Polres Metro (Polrestro) Jakarta Barat.

"Shalat Idul Adha juga dilaksanakan untuk meningkatkan nilai-nilai kepatuhan dan moralitas dalam kesatuan polisi khususnya di Polres Metro Jakarta Barat," kata Syahduddi.

Baca juga: Heru imbau warga tak buang limbah kurban sembarangan
Baca juga: Presiden Jokowi dan Polri sumbang sapi kurban Masjid KH Hasyim Asy'ari


Dalam Shalat Idul Adha tersebut, Ustad Sulaiman bertindak selaku imam dan Ustad Muhammad Ihwandi selaku khatib. Adapun tema besarnya adalah menanamkan nilai nilai pengorbanan dan keikhlasan pengabdian personel.

Dalam khotbahnya, Muhammad Ihwandi mengajak umat Islam di Jakarta Barat untuk meneladani Nabi Ibrahim AS bersama putranya, Nabi Ismail AS, yang telah melakukan pengorbanan sangat besar atas nama dan perintah dari Allah SWT.

Dia mengemukakan, kurban bukan hanya kita mengurbankan harta benda berupa hewan yang disembelih, namun dibalik itu yang perlu diteladani adalah keihklasan hati dalam berkurban.

"Dengan perintah Allah SWT, hendaknya kita dengan rela mengurbankan segala hawa nafsu dan keinginan duniawi dari dalam diri jamaah," katanya.

Dengan demikian, menurut dia, jamaah dapat hidup selaras sebagai hamba yang saleh dan taqwa kepada Allah SWT.
Baca juga: Warga non muslim ikut jaga Shalat Idul Adha di Jakbar

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023