Jakarta (ANTARA) - Penyanyi rap Travis Scott tidak akan menghadapi tuntutan pidana terkait tragedi konser Astroworld pada 2021 yang mengakibatkan kematian 10 penonton dan cedera pada sejumlah penonton lainnya, mengutip laporan The Hollywood Reporter disiarkan Kamis (29/6) waktu setempat.

Hal itu didasarkan pada keputusan dewan juri Pengadilan Distrik Harris County, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (29/6). Pihak berwenang menolak untuk mendakwa rapper tersebut bersama dengan lima orang lainnya terkait tragedi konser yang saat itu dihadiri sekitar 50.000 orang.

"Dalam hal ini, dewan juri Pengadilan Distrik 228 Harris County menemukan bahwa tidak ada kejahatan yang terjadi, bahwa tidak ada individu yang bertanggung jawab secara pidana," kata Jaksa Distrik Harris County Kim Ogg.

Sementara itu pengacara Scott, Kent Schaffer, mengatakan keputusan jaksa di Harris County itu menegaskan bahwa Scott memang tidak memiliki tanggung jawab atas tragedi Astroworld.

Baca juga: Travis Scott kembali manggung sejak insiden Astroworld

"Hal ini konsisten dengan laporan investigasi oleh banyak media serta laporan pemerintah federal dan negara bagian yang telah menempatkan tanggung jawab untuk krisis keselamatan acara pada pihak penyelenggara, operator, dan kontraktor, bukan penampil," kata Schaffer.

Keputusan tersebut diambil 18 bulan setelah pihak berwenang setempat mulai menyelidiki insiden tersebut. Departemen Kepolisian Houston menyelesaikan penyelidikan pada minggu lalu, kemudian menyerahkannya ke Kantor Kejaksaan Distrik Harris County dan akhirnya diputuskan oleh dewan juri.

Meski tak menghadapi tuntutan pidana, Scott beserta promotor Live Nation dan ScoreMore masih menghadapi proses hukum perdata dari sejumlah tuntutan dan berpotensi menghadapi ganti rugi miliaran dolar.

Baca juga: Travis Scott pertama kali tampil di layar kaca usai tragedi Astroworld

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023