Jakarta (ANTARA) - Ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama anak untuk mengisi liburan sekolah, tak perlu mahal, aktivitas sederhana yang tak perlu merogoh kocek dalam-dalam pun bisa menjadi sangat menyenangkan.

Berikut ini rekomendasi aktivitas murah dan menyenangkan saat liburan sekolah, sebagaimana disiarkan oleh The Sun Daily dan Prima online belum lama ini.

Piknik

Pakar perjalanan independen Alison Rice mengatakan salah satu kesenangan terbesar bagi anak-anak adalah piknik di taman. Selain itu, piknik juga merupakan cara yang bagus agar anak mau mencoba makanan baru.

Jadi, cobalah untuk piknik bersama anak di taman terdekat dari rumah. Jangan lupa libatkan anak-anak untuk ikut menyiapkan barang-barang yang akan dibawa.

Baca juga: Isi liburan sekolah dengan berwisata ke surga domestik

Berkemah

Ajak anak berkemah di taman. Jika ingin sambil berpetualang, pilihlah tempat perkemahan keluarga. Jangan lupa juga untuk mengisi kegiatan berkemah dengan permainan-permainan seru yang disukai anak.

Buat kerajinan seni

Dorong kreativitas dan kemampuan motorik halus anak dengan mengajak mereka membuat kerajinan seni.

Berkreasilah dengan bahan-bahan sederhana seperti kertas berwarna, lem, gunting, spidol warna, dan stiker. Selain itu, bisa juga menggunakan barang yang tak terpakai untuk membuat mainan baru.

Memasak di rumah

Saat liburan sekolah, libatkanlah anak dalam memasak dan menyiapkan makanan dengan resep yang mudah di rumah.

Selain itu, bisa juga melibatkan mereka dalam berbelanja mingguan hingga menyulap rumah seolah-olah menjadi sebuah restoran dan ajak mereka mendesain menu, mengatur meja, sampai mencuci piring.

Baca juga: TWC hadirkan liburan seru "Kumpul Bocah" di taman wisata candi

Berkebun

Kegiatan lain yang tak kalah seru untuk dilakukan bersama anak saat liburan sekolah adalah berkebun. Ajak anak menanam bunga atau sayuran lalu merawatnya.

Dengan berkebun, anak bisa belajar tentang alam dan lingkungan. Selain itu, anak juga pasti senang karena ketika menyiram tanaman, ia bisa sambil bermain air.

Pergi ke kebun binatang

Pergi ke kebun binatang merupakan salah satu cara paling sederhana untuk memperkenalkan anak pada beragam makhluk hidup di planet ini dan mengajari mereka tentang konservasi.

Saat diajak ke kebun binatang, anak pasti sangat antusias karena bisa melihat makhluk liat di habitat aslinya.

Baca juga: Destinasi liburan sekolah ke luar negeri yang tetap hemat

Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata di Bali saat liburan sekolah

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023