Jakarta (ANTARA) - Libur sekolah telah tiba, orang tua tentu ingin mengajak anak mengisi libur dengan berbagai kegiatan termasuk berwisata ke berbagai destinasi.

Apalagi, liburan pekan ini bertepatan dengan cuti bersama Idul Adha 1444 H yang identik dengan momen kebersamaan.

Untuk mereka yang ingin berlibur untuk mengisi liburan sekolah dan cuti bersama Idul Adha bersama keluarga, berikut ini rekomendasi destinasi wisata di surga domestik yang patut dikunjungi, sebagaimana tertulis dalam siaran pers tiket.com yang diterima, Jumat.

Wisata kuliner dan bertamasya di Padang

Salah satu kuliner legendaris dunia yang meninggalkan kesan lezat di lidah pengejar kuliner adalah masakan Padang. Salah satu kegiatan penting ketika berkunjung ke Padang adalah wisata kuliner.

Rekomendasi restoran yang wajib dikunjungi adalah Nasi Kapau Uni Lis di Bukittinggi, Ikan Bakar Djoni, Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai, Pauh Piaman, hingga Es Durian Ganti Nan Lamo.

Orang tua juga bisa mengajak anak bertamasya ke Pantai Nirwana, Pantai Pasumpahan, Air Terjun Sarasah, Bukit Nobita, Museum Adityawarman, atau ke Trans Studio Mini Padang yang memiliki banyak wahana seperti Bumper, Mini Train, Venture, hingga roller coaster raksasa.

Baca juga: 5 pilihan destinasi wisata untuk isi libur sekolah

Relaksasi di pantai dan desa wisata di Lombok

Jika ingin liburan yang santai, tenang, dan nyaman, ketika berlibur ke Lombok, wisatawan sekeluarga bisa pergi ke destinasi alami seperti Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, hingga Narmada.

Tak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar ekosistem alam di Lombok Wildlife Park yang memiliki 45 spesies dan 195 jenis hewan unik.

Kemudian jika ingin mengeksplorasi keindahan alam Lombok dan melihat langsung budaya lokal, Tour Desa Wisata Mandalika menyediakan jasa panduan ke Desa Sukarasa, Desa Sade, Pantai Kuta, Bukit Merese, dan Pantai Tanjung Aan.

Mengenal budaya tak benda di Pontianak

Di pusat Kota Pontianak terdapat Tugu Khatulistiwa dan Taman Khatulistiwa yang menjadi simbol geografis posisi kota yang dilalui oleh garis khatulistiwa.

Pusat Kota Pontianak terletak sekitar 25 menit berkendara dari Bandar Udara Internasional Supadio. Di sana, terdapat kulminasi budaya dan kuliner yang berbaur secara harmonis, menciptakan sebuah pengalaman wisata yang penuh pesona.

Memang belum banyak diketahui, tapi, Kota Pontianak telah mewariskan budaya tak benda seperti Tenun Corak Insang yang dahulu dikenakan oleh bangsawan Istana Kadriah, Arakan Pengantin sebagai prosesi hantaran atau ikatan tali kasih mempelai, tradisi makan bersama dengan cara duduk lesehan yakni Saprahan Melayu Pontianak yang diakui oleh Kemendikbud di tahun 2017, serta santapan seperti Pacri Nanas, Sayur Keladi, dan Ikan Asam Pedas yang diakui oleh Kemendikbud RI sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Baca juga: Liburan sekolah, di Surabaya saja

Baca juga: Kiat agar liburan sekolah lebih seru

Baca juga: Liburan sekolah, TMII siapkan permainan tradisional anak

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023