Kerja sama internasional ini penting dalam proses pembelajaran. Tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga untuk dosen
Depok (ANTARA) - Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan International Management Institute (IMI) dan institusi penyedia pelatihan Swiss Federal University for Vocational Education and Training (SFUVET).

“Internasionalisasi saat ini menjadi sebuah kesempatan yang perlu dibuka seluas-luasnya. Vokasi UI berkomitmen untuk terus memberikan iklim pengajaran terbaik bagi mahasiswa dan dosen," kata Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, dalam keterangannya, di Depok, Sabtu.

Salah satunya, lanjut dia, melalui kerja sama internasional pendidikan, pelatihan, pengabdian masyarakat, serta penelitian, guna mengembangkan atmosfer global kepada sivitas akademika dan meningkatkan daya saing.

"Kerja sama internasional ini penting dalam proses pembelajaran. Tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga untuk dosen," katanya.

Kebutuhan internasionalisasi tersebut juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek) melalui rencana pengembangan perguruan tinggi vokasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Baca juga: Vokasi UI kirim 42 mahasiswa kuliah di kampus top dunia

Hal ini juga dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan wawasannya secara global, melatih jiwa kompetitif, serta memperluas jejaring internasional.

Kerja sama internasional tersebut telah disepakati kedua belah pihak melalui penandatanganan not kesepahaman (MoU) kerja sama antara Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Padang Wicaksono dengan Director General SFUVET Barbara Fontanellaz. Selain itu diteken pula Agreement of Implementation (AoI) dengan IMI oleh Direktur Program Pendidikan Vokasi UI dengan CEO and Director of Partner Schools IMI Professor Gavin R Caldwell.

Kerja sama dengan IMI menyepakati skema Program Credit Earning dan Program Double Degree Program (khusus program studi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata). Mahasiswa vokasi nantinya dapat mengikuti perkuliahan selama enam semester di Vokasi UI, satu semester di IMI Swiss, dan magang selama satu semester di Swiss dengan mendapat insentif.

Sementara itu kerja sama antara Vokasi UI dengan SFUVET menawarkan pelatihan intensif bagi para tenaga pendidik (guru dan dosen) untuk mempelajari lebih dalam sistem kurikulum vokasional dalam menyusun rencana pembelajaran.

Baca juga: Dosen Vokasi UI: Game karya intelektual yang miliki nilai ekonomi
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023