Selamat untuk Mas @dzaki_terbaik telah menyelesaikan lomba membelah AS sejauh 4.200 mil atau setara 6.800 km.
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan pesepeda Dzaki Wardana pada ajang Trans Am Bike Race (TABR) 2023.

Dzaki yang merupakan satu-satunya pesepeda asal Indonesia di antara 46 peserta yang mengikuti TABR 2023 dengan rute membelah AS dari Astoria, Oregon menuju ke Yorktown, Virginia berhasil finis di posisi kelima.

"Selamat untuk Mas @dzaki_terbaik yang telah menyelesaikan lomba membelah Amerika sejauh 4.200 mil atau setara 6.800 kilometer. Indonesia sangat bangga ketika Merah Putih berkibar dalam ajang Trans Am Bike Race yang berakhir di Yorktown," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Rosan yang berkesempatan menjamu Dzaki untuk menikmati sarapan pagi di Wisma Indonesia, kediaman resmi Dubes RI di Washington DC, menyebut bahwa Dzaki adalah pesepeda Indonesia pertama yang mengikuti lomba TABR dan finis di posisi ke-5 dari 46 peserta.

"Mas Dzaki disambut hangat oleh perwakilan komunitas bersepeda, diaspora Indonesia, dan teman-teman dari KBRI Washington DC. Mereka turut merasakan keharuan saat Mas Dzaki memasuki titik finis. Pencapaian yang luar biasa," katanya pula.

Menurut dia, ajang ultra cycling yang membelah bagian tengah AS, dari ujung barat ke ujung timur atau dari Astoria di Oregon ke Yorktown di Virginia berlangsung selama 20 hari 18 jam 15 menit.

Dalam catatan komunitas pesepeda, rata-rata Dzaki gowes sejauh 323 km sehari, dengan kecepatan rata-rata 23,1 km per jam dan elevation gain 30.471 meter.

"Sekali lagi, selamat atas prestasi dan pencapaian tingkat dunia yang ditorehkan Mas Dzaki. Ucapan selamat saya sampaikan langsung saat kami sarapan bareng di Wisma Indonesia. Pertemuan yang berkesan dan sangat seru menyimak tentang perjuangan, tantangan, dan risiko yang dihadapi di setiap etape. Semuanya dikalahkan dengan semangat dan tekad mengharumkan nama Indonesia. Indonesia bangga!" kata Dubes Rosan pula.
Baca juga: Dzaki Wardana wakili Indonesia pada ajang balap sepeda bergengsi di AS

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023