Saya senang dan bangga dapat meresmikan pembukaan Restoran Indonesia Artharini di Maryland
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani meresmikan pembukaan Restoran Indonesia Artharini, yang berlokasi di Kensington, Maryland, AS.

"Saya senang dan bangga dapat meresmikan pembukaan Restoran Indonesia Artharini di Maryland," kata Rosan lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Restoran yang diresmikan pada 14 Agustus 2023 itu menyajikan aneka kuliner khas Nusantara, mulai dari tempe mendoan, mie bakso, karedok, gado-gado, daging rendang, ayam bakar Padang, gule nangka, balado telur, gule kikil, sate ayam, sate meranggi, dan sate kambing. Ditambah pula, jus durian, jus mangga, es cendol, dan es campur.

Rosan yang juga menjabat Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengaku gembira, setelah penantian panjang selama 10 tahun, akhirnya restoran, yang berada dalam Distrik Columbia, Maryland, dan Virginia (DMV) itu resmi beroperasi.

"Saya bangga pembukaan Restoran Indonesia Artharini menjadi jawaban bagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Uno, yang saat berkunjung tahun lalu, menantang Dubes RI untuk AS membuka kembali restoran Indonesia di wilayah DMV. Kuliner Indonesia akan makin mendunia," katanya.

Rosan pun optimistis Restoran Indonesia Artharini selain berperan sebagai tempat melepas rindu para diaspora Indonesia, juga duta kuliner Nusantara di Negeri Paman Sam.

Menurut dia, kuliner Indonesia memiliki nilai budaya tinggi, karena kaya bumbu, mengandung sejarah, identitas, dan budaya suatu daerah.

"Saya yakin Restoran Artharini ini selain menjadi tempat pelepas rindu diaspora menikmati makanan Indonesia, juga menjadi dubes kuliner Indonesia di Amerika. Restoran ini juga diharapkan dapat memperkenalkan warisan kuliner Indonesia kepada warga Amerika dan membuat mereka penasaran untuk berkunjung ke Tanah Air," kata Dubes RI untuk AS.

Baca juga: Dubes Rosan dukung penuh Putri Ariani di America's Got Talent 2023
Baca juga: Dubes ingin hubungan Amerika Serikat-Indonesia kian kuat
Baca juga: Dubes Rosan bangga mahasiswa tunarungu Indonesia raih gelar S2 di AS

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023