Duta Besar Xie Feng berbagi cerita tentang pengalamannya, yang berkesan selama bertugas sebagai Dubes untuk Republik Indonesia pada 2014-2017. Karena itu, pertemuan kami serasa berjumpa dengan sahabat lama
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani dan Duta Besar China untuk AS Xie Feng membahas sejumlah isu termasuk investasi dan perdagangan dalam pertemuan keduanya di KBRI Washington DC, AS.

Dubes Rosan mengaku senang dikunjungi sahabat lama, Xie Feng, yang pernah menjabat Dubes China untuk Indonesia pada periode 2014-2017.

"Duta Besar Xie Feng berbagi cerita tentang pengalamannya, yang berkesan selama bertugas sebagai Dubes untuk Republik Indonesia pada 2014-2017. Karena itu, pertemuan kami serasa berjumpa dengan sahabat lama," katanya melalui keterangan tertulis, yang diterima di Jakarta, Kamis.

Saat menjabat Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2020, Rosan kerap bertemu Dubes Xie Feng untuk membahas langkah-langkah konkret meningkatkan hubungan perdagangan, industri, dan investasi antara RI-China.

Demikian pula, saat pertemuan yang berlangsung akrab di KBRI, keduanya juga membahas sejumlah isu terkait hubungan RI-China di berbagai bidang, terutama sektor ekonomi, investasi, perdagangan, pendidikan, kebudayaan, dan kawasan.

Saat ini, China tercatat sebagai salah satu investor asing terbesar di Indonesia. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi China ke Indonesia mencapai 5,18 miliar dolar AS pada 2022.

Angka itu melonjak 63,92 persen dari tahun sebelumnya (year-on-year/yoy), sekaligus menjadi rekor tertinggi dalam satu dekade terakhir.

Di bidang pendidikan, RI bekerja sama dengan China meliputi ekonomi digital, infrastruktur digital, dan tata kelola digital.

"Kami sepakat semua upaya kerja sama yang sudah terjalin akan terus ditingkatkan. Kami juga berkomitmen untuk tetap menciptakan kawasan yang damai," kata Dubes Rosan.


Baca juga: Menlu RI tekankan pentingnya kerja sama ketahanan pangan ASEAN-India
Baca juga: Dubes Rosan: Peluncuran SATRIA-1 jadi sejarah baru telekomunikasi RI
Baca juga: AS dukung penuh Presidensi G20 & penguatan bilateral ekonomi dengan RI

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023