Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) mengatakan, penghargaan dan apresiasi dari Komite Olimpiade Indonesia (NOC) atas keberhasilan timnas esports meraih juara umum pada SEA Games 2023 Kamboja menjadi pemicu semangat cabang olahraga elektronik itu untuk terus berprestasi di kancah dunia.

“Prestasi ini kami harap menjadi lecutan agar ke depan prestasi yang diraih lebih baik lagi dan makin menguatkan kepercayaan para atlet maupun seluruh ekosistem esports di Indonesia. Terima kasih kepada NOC Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga atas penghargaan dan dukungan yang diberikan,” kata Ketua Badan Tim Nasional Esports Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja Tjahjono Prasetyanto dalam keterangan pers, Sabtu.

Ia menambahkan, keberhasilan tersebut tidak lepas dari rangkaian persiapan yang intensif.

“Keberhasilan Indonesia menjadi juara umum pada cabang esports di SEA Games Kamboja tidak lepas dari persiapan intensif dan menyeluruh yang meliputi kebutuhan teknis dan nonteknis sejak Seleknas, Pelatnas, hingga pertandingan,” kata Tjahjono.

Baca juga: Indonesia kirimkan empat wakil di Road to Asian Games 2022

Adapun PB ESI menjadi salah satu dari tujuh cabang yang mendapatkan penghargaan itu. Federasi nasional lain yang mendapatkan penghargaan yang sama adalah bulu tangkis (PBSI), angkat besi (PABSI), balap sepeda (ISSI), tennis (Pelti), voli (PBVSI), pencak silat (IPSI), dan wushu (PB WI).

Lebih lanjut, Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo menambahkan, capaian itu juga merupakan kelanjutan dari prestasi-prestasi yang ditorehkan Timnas Esports sebelumnya, seperti menjadi juara umum di Kejuaraan Dunia Esports IESF ke-14 yang berlangsung di Bali pada Desember 2022.

Dalam waktu dekat, timnas akan mengikuti Kejuaraan Dunia Esports ke-15 yang berlangsung di Iasi, Rumania, pada Agustus dan Asian Games Hangzhou pada September-Oktober 2023.

Di dalam negeri, Liga Esports Nasional juga akan segera berlangsung. PB ESI berharap torehan prestasi dan penghargaan serta pengakuan pemerintah terhadap esports akan memacu gairah cabang olahraga esports di Tanah Air.

“PB ESI mempersembahkan penghargaan ini untuk para atlet, pelatih, Badan Tim Nasional, tim pendukung teknis dan nonteknis, tim esports profesional, sekolah, perguruan tinggi, dan instansi tempat para atlet dan pelatih bernaung, ekosistem esports tanah air, serta yang tidak kalah penting adalah para orang tua dan keluarga para atlet yang selalu memberikan doa dan restunya,” kata Bambang.

Baca juga: PB ESI berharap klub esport bisa melantai di bursa saham
Baca juga: ESI DKI jaring bibit atlet melalui Turnamen Esports HUT Jakarta 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023