Ini berarti ada kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke TWC Ratu Boko hampir 50 persen.
Sleman (ANTARA) - Taman Wisata Candi (TWC) Keraton Ratu Boko mencatat adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di destinasi ini selama program "Kumpul Bocah" untuk memeriahkan musim liburan sekolah pada 23 Juni hingga 20 Juli 2023.

"Program 'Kumpul Bocah' yang sudah berlangsung selama satu minggu lebih ini mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke TWC Ratu Boko," kata General Manager of Prambanan & Ratu Boko I Gusti Putu Ngurah Sedana di TWC Keraton Ratu Boko, Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, pada hari-hari biasa rata-rata wisatawan yang berkunjung ke TWC Ratu Boko sekitar 500 hingga 800 wisatawan, sedangkan pada libur sekolah ini kunjungan wisatawan dalam sehari bisa mencapai 800 sampai 1.000 lebih pengunjung.

"Ini berarti ada kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke TWC Ratu Boko hampir 50 persen," katanya pula.

Ia mengatakan, dalam program "Kumpul Bocah" ini TWC Keraton Ratu Boko mengusung konsep Leisure, menyuguhkan "Pasar Medang Ratu Boko Nyawiji" pada 23 Juni sampai 20 Juli 2023 yang berlokasi di Loading Dock Area Ratu Boko

Sejumlah wisatawan anak-anak saat bermain mainan tradisional dalam program Kumpul Bocah di Loading Dock Area TWC Keraton Ratu Boko, Sabtu (1/7/2023). ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto
"Kegiatan dilengkapi dengan Dolanan Anak Tradisional, dan Kesenian Tradisional," katanya lagi.

Putu Ngurah mengatakan PT TWC Keraton Ratu Boko juga menghadirkan "Serbu" Package, yang menyuguhkan jajanan khas anak-anak dengan harga merakyat.

"Paket ini dapat dinikmati selama masa program 'Kumpul Bocah' dengan menyajikan jajan tempo dulu dengan harga di bawah Rp10.000," katanya.

Ia mengatakan, dalam program ini pihaknya menggandeng komunitas UMKM di sekitar kawasan destinasi Keraton Ratu Boko yang menyajikan aneka jajanan istimewa, dari tradisional hingga kudapan kekinian.

"Produk unggulan dari UMKM lokal dan pedagang kios wisata ini sebelumnya telah dikurasi dan disajikan kepada wisatawan melalui langgam khas Pasar Medang Nyawiji, pasar otentik yang hadir di destinasi PT TWC. Pasar Medang Nyawiji menghadirkan semangat lokalitas untuk hadirkan produk dan layanan berkualitas," katanya pula.
Baca juga: TWC selenggarakan Dharma Yoga di Candi Keraton Ratu Boko
Baca juga: TWC hadirkan liburan seru "Kumpul Bocah" di taman wisata candi


Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023