Pemerintah akan membantu perizinan dan memfasilitasi dokumen yang dibutuhkan melakukan ekspor abon ikan tersebut
Mamuju (ANTARA) - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan ekspor ikan ke Australia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat negara itu.

"Pemerintah Sulbar memberikan dukungan bagi UMKM yang akan melakukan ekspor abon ikan ke negara Australia," kata penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakhrullah, di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan UMKM Sulbar telah mempersiapkan sebanyak 500 kilogram abon ikan ke Australia.

"Abon ikan sebanyak 500 kilogram tersebut sebanyak 5000 bungkus yang akan diekspor pada tahap awal, dan bila kerja sama lancar jumlahnya akan terus ditingkatkan," katanya.

Menurut dia, usaha UMKM yang melakukan ekspor dan menembus pasar internasional tersebut adalah UMKM Syakila yang berada di Kabupaten Majene.

Gubernur Sulbar mengaku bangga dengan adanya ekspor abon ikan dari Sulbar ke Australia, yang dilakukan UMKM Syakila di Majene, dan hal tersebut adalah prestasi membanggakan.

"Pemerintah akan membantu perizinan dan memfasilitasi dokumen yang dibutuhkan melakukan ekspor abon ikan tersebut," katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Sulbar akan berupaya mendukung serta memenuhi kebutuhan peralatan serta pembinaan agar terus dapat memajukan usahanya.

Ia juga berharap agar masyarakat Sulbar dapat mendukung tumbuhnya ekonomi daerah dengan membeli produk UMKM Sulbar untuk memajukan ekonomi daerah.

Baca juga: Kelompok wanita tani Muarojambi bertahan dengan abon patin
Baca juga: Dirjen Rehsos bangga produk abon ikan cakalang disabilitas netra
Baca juga: Sandiaga janjikan OKE-OCE kembangkan usaha abon ikan di Sikka



 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023