Bandung (ANTARA) -
Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan bahwa sekitar 25.000 pegiat olahraga rekreasi dan kepala daerah hadir di Kabupaten Bandung terkait dengan kegiatan Festival Olahraga Nasional (Fornas) ke-VII Jawa Barat.

"Para kepala daerah se-Indonesia, 38 gubernur, 518 bupati dan wali kota ini hadir di Kabupaten Bandung. Sampai Minggu malam ini, tercatat sudah masuk 25.000 para pegiat olahraga dan kepala daerah," kata Dadang di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu.

Dadang mengatakan sampai saat ini, ada sekitar 13.000 orang pegiat olahraga yang sudah menginap di hotel, bahkan home stay.

"Saat ini memang hampir 6.000 penggiat olahraga yang belum mendapatkan penginapan. Tapi saya arahkan kepada para camat untuk segera mencari home stay sekitaran yang dekat dengan venue dan daerah wisata," katanya.

Dadang Supriatna mengatakan bahwa Fornas ke-VII kali ini yang menggunakan 50 venue di wilayah Kabupaten Bandung, merupakan ajang Fornas yang paling megah karena dalam Fornas ini menyediakan beberapa venue baru yang telah bertaraf internasional.

"Bahkan dalam waktu yang singkat, kita melakukan langkah-langkah dan mempersiapkan. Sehingga hampir 88 inorga ini sudah tersedia, mayoritas 99 persen berada di Kabupaten Bandung," ujarnya.

Dadang mengatakan bahwa pada hari Minggu malam ini, digelar opening Ceremony Fornas ke-VII Jawa Barat yang dilaksanakan di Stadion Si Jalak Harupat Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.

"Alhamdulillah, Kabupaten Bandung menjadi tuan rumah pelaksanaan event Fornas VII. Atas kepercayaan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Kormi Nasional yang sudah memberikan kepercayaan di Jawa Barat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat dan Kormi Jawa Barat," tutur Dadang.

Dadang juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan Fornas VII Jawa Barat yang berlangsung sekitar satu pekan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Saya hitung dalam waktu satu Minggu, perputaran keuangan yang masuk di wilayah Kabupaten Bandung sekitar Rp 150 miliar," ucap Dadang.

Kegiatan Fornas edisi ke-VII yang dilangsungkan di Jawa Barat ini sendiri, resmi dimulai dengan ditandai penggunaan ketapel di antaranya oleh Menko PMK Muhajir Effendy, Menpora Dito Ariotedjo, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Ketua Kormi Pusat Hayono Isman, dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Baca juga: Bupati: Kegiatan Bandung Bedas Expo meriahkan Fornas VII Jabar
Baca juga: Rekayasa Lalin diberlakukan di Soreang 2-5 Juli sehubungan Fornas VII

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023