Hanoi (ANTARA) - Vietnam melarang film keluaran Warner Bros "Barbie" ditayangkan dan disalurkan di seluruh negeri karena menampilkan peta yang menunjukkan wilayah yang diklaim secara sepihak oleh China di Laut China Selatan, lapor  media pemerintah pada Senin.

“Sembilan garis putus-putus” berbentuk U digunakan pada peta China untuk melukiskan  klaimnya atas wilayah yang luas di Laut China Selatan, termasuk wilayah yang dianggap Vietnam sebagai landas kontinennya.

"Barbie" adalah film kesekian yang dilarang ditayangkan oleh Vietnam karena menggambarkan sembilan garis putus-putus China yang kerap menjadi sengketa. Klaim Beijing itu sudah ditolak oleh Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda pada 2016.

Namun demikian, China menolak mengakui keputusan tersebut.

Ini bukan kali pertama Vietnam melarang distribusi dan pemutaran film di negaranya. Pada 2019, pemerintah Vietnam juga pernah menarik film animasi keluaran DreamWorks "Abominable".

Pemerintah pada tahun lalu juga melarang film laga produksi Sony berjudul "Unchartered" karena alasan yang sama dengan pelarangan "Barbie".

Baca juga: Warner Bros rilis trailer film "Barbie" yang akan tayang 2023

Selain itu, pada 2021 layanan streaming Netflix juga menghapus drama spionase produksi Australia  berjudul "Pine Gap".

"Barbie", yang dibintangi Margot Robbie dan Ryan Gosling, semula dijadwalkan tayang di Vietnam pada 21 Juli atau bersamaan sama dengan jadwal pemutaran di AS, kata surat kabar milik pemerintah Tuoi Tre.

"Kami tidak mengeluarkan izin kepada film Amerika, 'Barbie', untuk ditayangkan  di Vietnam karena mengandung gambar sembilan garis putus-putus yang menyinggung," kata surat kabar itu, mengutip Kepala Departemen Perfilman Vietnam Vi Kien Thanh.

Warner Bros belum mengomentari soal larangan ini.

Vietnam dan China sejak lama saling mengklaim berdaulat atas  wilayah yang berpotensi memiliki energi besar di Laut China Selatan. Hanoi berulang kali menuding kapal-kapal China melanggar wilayah kedaulatannya.

Selain Vietnam, sejumlah negara Asia Tenggara juga berebut klaim teritorial atas perairan tersebut, yakni Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Baca juga: Kapal China tinggalkan perairan Vietnam setelah diprotes Hanoi

Sumber: Reuters

 

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023