Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin dan University of Hawaii Manoa, Amerika Serikat menjalin kerja sama dalam pengembangan penelitian dan pelatihan.

Ketua Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kehutanan Unhas sekaligus Chief in Editor Forest and Society Research Group Prof Dr Muhammad Alif KS, di Makassar, Selasa, mengatakan kedatangan dosen dan mahasiswa dari University of Hawaii Mano bertujuan untuk melakukan kerja sama program Enhancing Research and Training Collaboration SEA-Based Partner.

"Kegiatan ini merupakan kerja sama antara University of Hawaii Manoa, USA dan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini adalah salah satu program peningkatan kolaborasi penelitian dan pelatihan dengan mitra berbasis SEA," jelas Prof Alif.

Pada kesempatan yang sama Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kehutanan Unhas Syahidah S Hut PhD, menyampaikan terima kasih kepada Dosen dan Mahasiswa University of Hawaii Manoa atas kedatangannya ke Fakultas Kehutanan dalam rangka kolaborasi dan kerja sama penelitian dan pelatihan.

"Saya berharap kerja sama ini bisa terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi institusi," jelas Syahidah.

Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc, menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang jalin oleh University of Manoa, USA dan Fakultas Kehutanan Unhas terkait program peningkatan kolaborasi penelitian dan pelatihan dengan mitra berbasis SEA.

"Saya berharap kegiatan ini bisa mempererat dan memperkuat kerjasama kita, dan kedepannya lebih banyak lagi program yang bisa dikerjasamakan dengan Universitas Hasanuddin," jelas Prof Jamaluddin Jompa.

Baca juga: BRIN-FKM Unhas bahas peluang kerja sama penelitian

Baca juga: Unhas dan Universitas Toyama Jepang kerja sama di bidang kedokteran


Sementara itu, Dr Krisna Suryanata selaku dosen University Hawai menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian integral dari hibah lima tahun yang didanai oleh Luce Foundation di LuceSEA. Hibah LuceSEA berkomitmen untuk mendidik generasi yang melibatkan para sarjana muda dan mahasiswa dari lembaga mitra.

"Salah satu lembaga mitra kami di Asia Tenggara yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Saya berharap kegiatan ini bisa mempererat kerjasama antara University of Hawaii Manoa dengan Universitas Hasanuddin dalam hal ini Fakultas Kehutanan," jelas Dr Krisna.

Baca juga: Dubes Australia-Rektor Unhas bahas kerja sama penelitian RI-Australia

Baca juga: Unhas-PT PAL kerja sama penguatan sektor maritim Indonesia

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023