Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sepakat kerja sama dalam bidang peningkatan kolaborasi pengembangan sumber daya manusia, teknologi, dan manajemen di sektor transportasi.

Kesepakatan tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman oleh Rektor Unhas Jamaluddin Jompa dan Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kemenhub Wisnu Handoko di Makassar, Selasa.

Wisnu Handoko menyampaikan terima kasih atas keterbukaan dan penyambutan yang baik oleh segenap jajaran pimpinan Unhas untuk saling berkolaborasi dalam mendorong kapasitas sumber daya manusia, khususnya dalam bidang transportasi.

Pihaknya optimistis kolaborasi yang akan dibangun bersama Unhas menghasilkan dampak luar biasa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor transportasi.

"Kerja sama ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat kerja sama antara akademisi dan praktisi dalam menghadirkan solusi inovatif mengatasi permasalahan yang ada di sektor transportasi," katanya.

Rektor Unhas Jamaluddin Jompa menyambut baik kerja sama yang akan dikembangkan dengan Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Kemenhub menggandeng Tony Blair Institute tingkatkan SDM transportasi

Menurutnya, terdapat sejumlah peluang kerja sama pada berbagai sektor yang dapat dikolaborasikan untuk mendukung pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, termasuk dalam mendorong SDM berkualitas utamanya dalam bidang transportasi.

Dengan SDM unggul, diharapkan berbagai permasalahan yang dihadapi bisa teratasi dengan baik melalui kolaborasi dan didukung dengan kualitas SDM yang memiliki daya saing tinggi. Unhas berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaiknya sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Unhas. Kami memiliki 17 fakultas dengan berbagai bidang keilmuan. Kolaborasi ini kita harapkan bersama bisa segera diimplementasikan dengan baik,” katanya.

Penandatanganan nota kesepahaman ini langkah awal dalam membangun kemitraan yang kokoh antara Unhas dan Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kemenhub.

Dengan dukungan dari kedua belah pihak, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas dan daya saing sektor transportasi di Indonesia.

Komitmen untuk terus berkolaborasi dan berinovasi dalam menghadapi dinamika yang terus berkembang di sektor transportasi menjadi kunci keberhasilan kerja sama ini.

Dengan adanya nota kesepahaman ini, diharapkan terbentuk sinergi yang kuat untuk mencapai tujuan bersama dalam mengembangkan transportasi yang lebih efisien, aman, dan berkelanjutan.

Baca juga: Sekjen Kemenhub: Indonesia butuh SDM unggul bidang transportasi
Baca juga: Kemenhub dan ITS kerja sama pengembangan SDM sektor transportasi
Baca juga: Kemenhub komitmen kembangkan kualitas SDM bidang transportasi darat

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024