berharap kunjungan ini akan memperkuat hubungan bilateral dan menciptakan inisiatif baru dalam bidang pendidikan dan penelitian
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin menerima kunjungan delegasi dari Niigata University di Ruang Rapat Rektor Lantai 8, Gedung Rektorat Unhas, Makassar, Jumat.

Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Keperawatan Unhas Syahrul Said S Kep Ns MKes PhD, mengatakan tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk melaksanakan implementasi kerja sama khususnya pertukaran mahasiswa dan kegiatan kuliah tamu.

Ia menjelaskan, Fakultas Keperawatan Unhas dan Niigata University of Health and Welfare, khususnya melalui program Student Exchange dan Visiting Lecturer, diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak dalam pengembangan akademik dan pengalaman internasional bagi mahasiswa dan dosen.

Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Unhas Prof Dr Eng Adi Maulana M Phil, menambahkan, Niigata menjadi salah satu mitra strategis Unhas dalam melaksanakan program pendidikan.

Terutama, lanjut dia, dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang memberikan kesempatan belajar selama satu semester di Jepang.

"Dengan semangat kolaboratif, kami berharap kunjungan ini akan memperkuat hubungan bilateral dan menciptakan inisiatif baru dalam bidang pendidikan dan penelitian," katanya.

Baca juga: FKep Unhas kunjungi Niigata University bahas keberlanjutan riset
Baca juga: Kiprah Prof. Agnes tebar kebaikan raih penghargaan Jepang




Sementara itu, Delegasi dari Niigata University Fusayo Kobayashi, RN PHN PhD, juga mengapresiasi kerja sama yang terus berjalan antara Unhas dan Niigata University, terutama dalam hal pertukaran ilmu pengetahuan melalui kuliah tamu dan program pendidikan lainnya.

Sebelumnya pada November 2023, Tim Fakultas Keperawatan Unhas juga melakukan kunjungan ke Niigata University of Health and Welfare, Jepang dalam rangka evaluasi dan perpanjangan kerja sama penelitian.
 
Saat itu Dekan Fakultas Keperawatan Unhas Prof Ariyanti Saleh, mengatakan tujuan kunjungan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan bersama pada tahun 2023 serta memperkuat kegiatan kerja sama antara kedua fakultas untuk tahun 2024.
 
Fakultas Keperawatan Unhas pada 2023 lalu berhasil menjalin kolaborasi dan menyambut lima mahasiswa inbound dari Niigata University of Health and Welfare dalam program selama seminggu, dan empat dosen inbound dalam program Visiting Lecturers.
 
Selain itu, studi kolaboratif telah dilakukan, untuk tahun 2024 mendatang kedua belah pihak sepakat melanjutkan kerja sama dalam bidang penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, dalam bidang akademik dalam program Outbound dan Inbound students, Visiting Lecturer oleh Prof Masayoshi Kubo, Ph.D bidang Fisioterapi.
 
Pihaknya berharap kerja sama kedua perguruan tinggi itu dapat bertahan lama dan mendukung Unhas untuk memenuhi kriteria World Class University, khususnya dalam hal indikator reputasi akademik.
 
 
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024