Makassar (ANTARA) - Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam HE Mr Denis Chaibi, memberikan kuliah umum yang fokus membahas kebijakan dan kerja sama Uni Eropa dengan Indonesia di Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Senin.

Mr Denis Chaibi, dalam kuliahnya bertajuk "European Union Policies and Cooperation with Indonesia" menjelaskan sejumlah topik penting, termasuk penjelasan mendalam mengenai Uni Eropa, peran Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, serta hubungan erat antara Uni Eropa dan Indonesia melalui Agreement (PCA).

Paparannya mencakup pemahaman mendalam terhadap kebijakan utama yang memandu tindakan eksternal Uni Eropa, seperti Indo-Pacific Strategy, Global Gateway, Global Health Strategy, Youth Action Plan, European Green Deal, serta program beasiswa dan dana penelitian.

Tidak hanya itu, Chaibi juga menyentuh sejumlah isu krusial, termasuk dukungan Uni Eropa terhadap rumah sakit pendidikan universitas (University Teaching Hospitals) dan hubungan perdagangan antara Uni Eropa dan Indonesia.

Baca juga: FKep Unhas kunjungi Niigata University bahas keberlanjutan riset

Baca juga: Rektor Unhas lepas 29 tim PKM menuju Pimnas 36 di Unpad


Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Muhammad Ruslin MKes PhD Sp.BM(K), dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan kuliah umum ini merupakan langkah nyata dalam memperkuat kolaborasi antara Uni Eropa dan Indonesia.

Serta menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa, dosen, dan seluruh komunitas akademis Unhas untuk memperdalam pemahaman tentang kebijakan Uni Eropa dan kerjasama bilateral yang erat.

"Dengan kehormatan dan antusiasme yang tinggi, kami menyambut kehadiran Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam. Kami yakin paparan yang disampaikan memberikan wawasan yang sangat berharga bagi perkembangan positif dalam hubungan internasional,” kata Prof Ruslin.

Acara itu bukan hanya sekadar pertemuan, melainkan menjadi forum yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, akademisi, dan stakeholders terkait yang ingin mendalami peran Uni Eropa dalam kerja sama global, khususnya dengan Indonesia.

Suasana interaktif memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan Duta Besar Chaibi, memberikan dimensi interaktif yang mendalam dan memperkaya pemahaman tentang kerjasama antarnegara serta strategi Uni Eropa di kawasan Indo-Pasifik.

Kehadiran eksklusif Duta Besar Denis Chaibi di Unhas tidak hanya menjadi momen bersejarah dalam mempererat hubungan bilateral, tetapi juga membuka peluang kerja sama yang lebih luas di berbagai sektor, termasuk pendidikan, riset, dan ekonomi.*

Baca juga: Rektor Unhas: NUNI perkuat kolaborasi inovasi masalah lingkungan

Baca juga: Toyama University kunjungi Unhas realisasikan kolaborasi riset

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023