Mataram (ANTARA) - Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat membuka Prodi Spesialis Kedokteran Kelautan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram untuk menjadi satu-satunya perguruan tinggi (PT) di Indonesia yang memiliki jurusan tersebut.

Dekan Fakultas Kedokteran Unram, Prof. dr. Hamsu Kadriyan mengatakan langkah pendirian Prodi Spesialis Kedokteran Kelautan karena posisi Indonesia yang masuk sebagai negara maritim yang sebagian besar wilayahnya merupakan lautan.  

"Tentunya, dengan negara Indonesia yang terdiri dari kepulauan. Yakni, dengan angka sekitar 65 persen adalah lautan dan sisanya adalah daratan. Maka, harusnya potensi itu yang kita perkuat. Salah satunya dengan keberadaan dokter spesialis di Indonesia," ujarnya di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan pendirian Prodi Spesialis Kedokteran Kelautan ini selaras dengan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Karena menurut Prof Hamsu, dengan letak Indonesia yang diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik serta dua benua, yakni Benua Asia dan Benua Australia, maka langkah pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, sudah tepat mencanangkan bahwa negara Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Untuk menunjang poros maritim dunia tersebut, tentunya membutuhkan infrastruktur transportasi laut. Baik, di permukaan maupun di dalam laut, seperti kapal penumpang, kapal kargo maupun kapal penangkap ikan.  

Terlebih, data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, menunjukkan bahwa sektor perikanan memberikan kontribusi 2,7 persen dari produk domestik bruto Indonesia. Di mana, sektor unggulan-nya adalah perikanan tangkap. Hal ini merefleksikan bahwa penduduk yang terlibat dalam kegiatan tersebut sangat besar.

"Jadi, adanya tenaga dokter spesialis kedokteran kelautan menjadi vital untuk mendukung keberadaan penduduk yang terlibat dalam sektor perikanan dan segala aktifitas perairan di bawah laut tersebut," tegas Prof Hamsu.

Guru Besar Fakultas Kedokteran itu mengaku, sebelum adanya Prodi Spesialis Kedokteran Kelautan, segala aktivitas di kepulauan selama ini, dilayani oleh seorang dokter umum yang memperoleh sertifikasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Namun karena luasnya areal kelautan dan perikanan. Serta aktifitas pelayaran, akhirnya mereka juga kewalahan.

Untuk itu, Unram melalui Fakultas Kedokteran memandang hal itu sebagai sebuah peluang. Di mana, Fakultas Kedokteran Unram kini memiliki jumlah tenaga pendidik yang mencapai 106 dosen saat ini.

"Mereka rata-rata pendidikannya adalah S-3 alias doktor yang kita juga diperbantukan di rumah sakit pemerintah sebagai dokter spesialis," terangnya.

Khusus Prodi Spesialis Kedokteran Kelautan, lanjutnya sudah mulai menerima setiap tahunnya adalah sebanyak enam mahasiswa Spesialis Kedokteran Kelautan. Di mana, setiap semesternya yang diterima hanya tiga orang mahasiswa saja.

"Kenapa kita hanya membatasi jumlah mahasiswa Spesialis Kedokteran Kelautan di Fakultas Kedokteran Unram itu. Ini lebih pada sisi kualitas dan kompetensi semata. Sebab, hal ini menyangkut jumlah ruangan dan infrastruktur pendukung pengajarannya," kata Prof Hamsu.

Khusus untuk mahasiswa reguler, Fakultas Kedokteran Unram menerima sekitar 200 mahasiswa tahun 2023 ini. Sedangkan, tahun sebelumnya kuota mahasiswa yang diterima adalah sebanyak 150 orang.

Umumnya, para mahasiswa itu berasal dari 18 provinsi di Indonesia. Sementara, Akreditasi Fakultas Kedokteran Unram adalah A Unggul.

Di mana, uji kompetensi mahasiswa Kedokteran Unram berada pada posisi 10 besar nasional saat ini.

"Untuk setiap agregat rata-rata kelulusan mahasiswa kita di level nasional. Alhamdulillah, Fakultas Kedokteran Unram, cukup sering berada pada peringkat dua dan tiga nasional," ujar Prof Hamsu.

Ia menambahkan pada tahun ini, Fakultas Kedokteran Unram juga mulai membuka kelas internasional. Di mana, para mahasiswa yang sudah mendaftarkan diri itu berasal dari negara Mesir, Syria, dan Palestina.

"Para mahasiswa asal luar negeri itu, sebenarnya sudah dua tahun lalu akan masuk ke Unram. Tapi karena ada COVID-19, keberangkatan mereka tertunda. Tapi, Insya Allah, tahun ini kita akan menerima mereka. Apalagi, Pak Rektor jualan sudah mulai membangunkan gedung yang representatif untuk para mahasiswa yang kini dalam proses penyelesaian," katanya.

Baca juga: Universitas Mataram-Maejo University Thailand kerja sama penelitian

Baca juga: Unram terima 1.321 calon mahasiswa baru jalur SNBP

Baca juga: Universitas Mataram kukuhkan 1.513 guru profesional

 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023