Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) dan San Diego State University bahas kerja sama inbound (pertukaran) profesor dan mahasiswa bagi kedua institusi.

Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc melalui keterangannya di Makassar, Rabu, menyampaikan apresiasinya keterlibatan mahasiswa dan dosen dalam kolaborasi penelitian yang dilakukan bersama program studi Konservasi Hutan Fakultas Kehutanan Unhas dan San Diego State University (SDSU).

Diharapkan kerja sama tersebut dapat menjadi kolaborasi penelitian untuk perluasan pengembangan bidang keilmuan.

Dalam kerja sama tersebut, program inbound profesor dan mahasiswa ini akan kembali menyelenggarakan kegiatan dengan mendatangkan sebanyak tiga staf dosen, dua orang mahasiswa S2, dan tiga orang mahasiswa S1 dari San Diego State University dengan agenda kuliah umum serta kegiatan belajar bersama di lapangan (joint field studi).

Baca juga: Dubes Uni Eropa tinjau pengembangan program KfW RS Unhas

Baca juga: Aplikasi pengolahan sampah UKM Unhas raih Pendanaan PPK Ormawa


Adapun tujuan dari kerja sama inbound professor dan mahasiswa dari SDSU ke Unhas ini adalah untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam melaksanakan penelitian dan penulisan karya ilmiah, serta memberikan fasilitas pertukaran pengalaman dan informasi diantara staf dosen dan mahasiswa dari SDSU serta dari Unhas.

Sementara itu, Ketua Prodi S1 Konservasi Hutan Fakultas Kehutanan Unhas Prof Dr Ngakan Putu Oka MSc, dalam pengantarnya menjelaskan melalui Laboratorium Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan Unhas telah lama menjalin keja sama dengan Department of Anthropology San Diego State University (SDSU).

Setidaknya MoU yang berjangka waktu lima tahun telah tiga kali diperbaharui dan puluhan publikasi bersama (joint publication) telah dihasilkan dan menjadi bagian dalam mendukung pencapaian reputasi Unhas.

Lebih lanjut dalam pertemuan tersebut membahas berbagai potensi kolaborasi penelitian yang akan dikembangkan bersama bidang keilmuannya lainnya.

Baca juga: BRIN-FKM Unhas bahas peluang kerja sama penelitian

Baca juga: Mahasiswa Unhas sabet perak ajang ONMIPA Kemendikbudristek di ITB
​​​​​​​

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023