Koba, Babel, (ANTARA) - Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman dan Ketua TP PKK Eva Fidia Lestari menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), karena dinilai berhasil menjalankan program kependudukan dan menurunkan angka stunting.

"Penghargaan ini tentunya menjadi bagian penting bagi kami agar termotivasi untuk terus menjadi lebih baik dengan mengembangkan langkah-langkah baru memperkuat keberhasilan di masa depan," kata Algafry Rahman melalui rilis dari Diskominfosta yang diterima ANTARA di Koba, Rabu.

Baca juga: Bupati Aceh Besar dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana BKKBN

Penghargaan MKK itu diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo kepada bupati beserta istri pada Selasa (4/7) malam di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Penghargaan MKK merupakan penghargaan tertinggi dari BKKBN RI kepada sosok yang dinilai mampu dan mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta penanganan kasus stunting.

"Setidaknya dua penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat ini menjadi sebuah motivasi bagi kami untuk terus memberikan arahan, bimbingan serta terobosan dalam memperhatikan pengendalian penduduk, terutama terkait tumbuh kembang anak mulai dari perencanaan hingga penurunan angka stunting," ujar Algafry.

Baca juga: Ketua TP PKK Kalteng terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Bupati menyebutkan pentingnya partisipasi aktif seluruh masyarakat Bangka Tengah dalam menjalankan program pengendalian penduduk, seperti keluarga berencana, penyuluhan kesehatan reproduksi, dan perencanaan keluarga.

"Kita akan terus bersemangat, memperkuat sinergi dan komunikasi antara pemerintah daerah, badan terkait serta yang utama masyarakat untuk membangun Bangka Tengah," katanya.

Baca juga: Gubernur dan Ketua PKK Kaltim dapat penghargaan Manggala Karya Kencana

Ketua TP PKK Bangka Tengah Eva Fidia Lestari mengatakan MKK yang merupakan penghargaan individu yang diperolehnya tidak luput dari andil dan upaya berbagai pihak, terutama Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Bangka Tengah yang sudah memenuhi indikator-indikator yang ada.

"Penghargaan ini memang kami yang menerima, tetapi pada dasarnya ini adalah keberhasilan kita bersama karena ini bisa berhasil berkat dukungan, sinergi semua masyarakat, pihak desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten dan semua pemangku yang terlibat," ujar Eva.

Baca juga: BKKBN beri Jatim Penghargaan Manggala Karya Kencana

Dirinya bersama Bupati Bangka Tengah akan terus berkomitmen dalam melakukan langkah-langkah serta menjalin komunikasi, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait pengendalian penduduk yang berkelanjutan.

"Dengan motivasi ini, kita berharap bisa terus dan komitmen melakukan langkah-langkah atau aksi lanjutan untuk membangun masyarakat lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Purworejo terima penghargaan Manggala Karya Kencana
Baca juga: Gubernur Kalteng terima penghargaan Manggala Karya Kencana

Pewarta: Ahmadi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023