Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi memanggil 19 pemain sebagai persiapan Timnas Bolabasket Putri 5 on 5 untuk ajang olahraga Asian Games Hangzhou, China, dengan memanggil sejumlah pemain muda dan pelatih lokal.

Dari total nama yang dipanggil tersebut, sebanyak 12 pemain merupakan tim peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja, sementara tujuh lainnya merupakan pemain muda yang pernah iktu pemusatan latihan Timnas Basket Putri.

Sebanyak 12 pemain skuat SEA Games yang kembali dipanggil adalah Adelaide Callista Wongsohardjo, Yuni Anggraeni, dan Priscilla Annabel Karen. Kemudian ada Peyton Alexis Whitted, Nathania Claresta, Kadek Pratitta, Henny Sutjiono, Dyah Lestari, Clarita Antonio, Kimberley Pierre Louis, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi dan Agustin Elya Gradita Retong.

Sementara tujuh pemain muda seperti Angelica Jennifer Candra, Nathania Nicole Sasongko, dan Faizzatus Shoimah. Kemudian ada juga pendatang baru seperti Maxine Maria Sutisna, Jesslyn Angelique Aritonang, Thasya Hery Saputera, dan Namira Ramandha.

Baca juga: Perbasi optmisitis bisa buat tradisi emas di bola basket Indonesia

“Para pemain ini dipanggil untuk persiapan Asian Games di Hangzhou. Mereka jalani TC (training camp) mulai 5 Juli di GOR Cahaya Lestari Surabaya Jalan Dharmahusada Utara,” kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi.

“Sengaja kami panggil pemain muda supaya belajar bersama pemain seniornya. Dengan cara ini, diharapkan bisa terjadi transfer ilmu yang baik sehingga regenerasi di Timnas Putri berjalan sesuai yang kita harapkan,” lanjut Nirmala.

Pada persiapan kali ini, Timnas Basket Putri ditangani oleh pelatih baru yaitu Marlina Herawan. Marlina merupakan mantan pemain Surabaya Fever yang pernah menjadi bagian dari timnas saat meraih medali perak pada SEA Games 2015 di Singapura.

Dia juga pernah membantu Timnas Putri U-18 naik kasta ke Level A FIBA Asia pada 2017. Saat itu, dia bertindak sebagai asisten pelatih dari kepala pelatih Arif Gunarto.

“Kami memanggil pemain muda dan pelatih lokal untuk memulai regenerasi tim. Kami tidak mau ketinggalan dalam mempersiapkan tim untuk SEA Games 2025, mengingat jangka waktu yang masih panjang, kita harus mulai mempersiapkan atltt dan pelatih muda yang punya visi jangka panjang," kata Penanggung Jawab Timnas Putri Christopher Tanuwidjaja.

Baca juga: Erick Thohir: basket dapat emas karena Perbasi profesional

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023