Saya tidak tahu. Saya tidak tahu situasi ini. Saya dapat memahami Rooney akan kecewa jika ia tidak bermain, namun hal-hal seperti ini dapat terjadi di semua tim. Setelah satu pekan hal ini berakhir."
Manchester (ANTARA News) - Pelatih Manchester City Roberto Mancini menolak spekulasi yang menghubungkan klubnya dengan pergerakan untuk merekrut penyerang United Wayne Rooney.

Masa depan Rooney di United menjadi sorotan setelah ia dibangku cadangkan saat Setan Merah menderita kekalahan 1-2 dari Real Madrid di Liga Champions.

Alex Ferguson berupaya memberi garis bawah pada situasi ini dengan menegaskan bahwa Rooney akan berada di United pada musim depan, dan ia tidak memiliki masalah dengan sang penyerang.

City tertarik pada penyerang Inggris itu, ketika ia terlihat siap meninggalkan Old Trafford pada 2010.

Namun Mancini meredakan semua spekulasi yang mengatakan bahwa ia dapat memperbarui pengejaran mereka terhadap penyerang tim sekota itu.

Mancini berkata, "Saya tidak tahu. Saya tidak tahu situasi ini. Saya dapat memahami Rooney akan kecewa jika ia tidak bermain, namun hal-hal seperti ini dapat terjadi di semua tim. Setelah satu pekan hal ini berakhir."

"Saya pikir Rooney adalah salah satu penyerang terbaik di Eropa, namun saya pikir sulit untuk membuat ia meninggalkan Man United."

Mancini siap menyegarkan lini depannya pada musim panas ini, menyusul kepergian Mario Balotelli ke AC Milan pada Januari.

Durasi kontrak Wayne Rooney hanya menyisakan satu tahun lagi dan akan berakhir pada musim panas, dan terdapat pula spekulasi bahwa mantan penyerang Wolfsburg Edin Dzeko dapat kembali ke Liga Jerman untuk memperkuat Borussia Dortmund.

Pelatih City ini berkata bahwa Dzeko perlu bermain dengan basis reguler, sang pemain dapat berkembang di Liga Italia, dan akan bernilai lebih dari 20 juta pound.

Dan Mancini menolak untuk mengesampingkan kemungkinan menjual pemain Bosnia ini, yang merupakan pencetak gol terbanyak City di Liga Utama Inggris dengan koleksi 13 gol.

Ia menambahkan, "Saat ini, tidak ada apa-apa. Pada akhir (musim), mungkin, saya tidak tahu. Pada musim panas, itu dapat terwujud."

"Pada saat ini, tidak ada apa-apa. Kami tidak tahu. Dzeko merupakan pemain penting bagi kami. Kami ingin ia bertahan di sini."

Penyerang Argentina Sergio Aguero akan absen pada pertandingan perempat final melawan Barnsley pada Sabtu, sebagai tindakan antisipasi terhadap cedera lutut yang ia derita, namun ia semestinya dapat kembali bermain saat Citizen melakukan lawatan ke markas Everton pada akhir pekan depan di ajang Liga Utama Inggris.

Kapten Vincent Kompany masih belum dapat kembali setelah mengalami cedera betis, dan ia juga dapat kembali bermain di Goodison Park, sedangkan Jack Rodwell akan absen beberapa pekan setelah ia mengalami masalah otot paha belakang saat mereka menang 1-0 di markas Aston Villa.

Mancini percaya terdapat ia sebaiknya tidak memaksakanAguero bermain saat melawan klub Divisi Satu Barnsley di Stadion Etihad.

Ia berkata, "Saya tidak berpikir (cedera) itu serius, namun pada saat ini kami tidak dapat mengambil resiko dengan Sergio. Kami berusaha memulihkan dia untuk (pertandingan melawan) Everton."

Mancini mengakui bahwa tersingkirnya United dari Liga Champions akan menyulitkan upaya City untuk kembali bersaing sebagai kandidat juara liga.

Sang juara bertahan tertinggal 12 angka dari pasukan Ferguson, dan Mancini merasa bahwa United lebih baik masih berkompetisi di Eropa sehingga dapat membantu timnya.

Ia berkata, "Saya pikir bagi kami lebih baik mereka bertahan di Liga Champions. Mereka memainkan pertandingan penting setiap tiga hari, itu lebih sulit."

"Saya pikir penting untuk menjadi kuat pada momen sulit. Ketika Anda selalu menang, itu mudah. Penting untuk tetap kuat ketika Anda berada di peringkat kedua seperti kami pada saat ini. Anda sebaiknya berusaha dan memenangi semua pertandingan dan mengambil gelar juara."

"Saya pikir kami dapat berkembang. Kami memiliki sepuluh pertandingan, kami perlu mengerjakan hal ini. Ini juga sulit. Saya terbiasa untuk bermain sampai pertandingan terakhir, saya menang dan kalah di kejuaraan dengan tujuh, delapan, sembilan angka lebih banyak."

"Di sepak bola, dua atau tiga pertandingan dapat mengubah segalanya. United telah memenangi 14 pertandingan dari 15 pertandingan terakhir, namun jika mereka bermain imbang dalam dua atau tiga pertandingan berturut-turut, itu dapat mengubahnya."

(H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013