Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin menyempurnakan langkah Indonesia menuju babak perempat final Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2023, usai mengalahkan wakil China Ma Shang/Zhu Yi Jun, Minggu.

Berlaga di GOR Among Rogo, Yogyakarta, pasangan Indonesia menang rubber game dengan skor 21-15, 13-21, 21-15 atas Ma/Zhu. Dengan kemenangan itu pula, Skuad Garuda Muda Indonesia menang 4-1 atas China pada fase Grup A ajang tersebut dan menjadi juara grup.

“Kami sempat kesulitan saat lawan mengubah pola permainan. Kami fokus pada pola permainan kami dan mengurangi kesalahan sendiri,” kata Nikolaus dikutip dari keterangan resmi PBSI.

Baca juga: Adrian/Felisha buka poin pertama Indonesia atas China di BAJC 2023

Pada laga tersebut, Farizi/Nikolaus mengaku sempat kesulitan mengubah pola permainan. Berbekal fokus sepanjang pertandingan, akhirnya mereka bisa menyumbangkan poin untuk Indonesia.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan selama fase grup, pasangan Farizi/Nikolaus berharap bisa bermain lebih konsisten lagi. Terutama tidak mudah kehilangan momentum pada awal pertandingan.

“Kami sering kalah start, di laga ini kami beberapa kali tertinggal pada awal-awal laga. Tentunya kami ingin memperbaiki hal itu,” kata Farizi.

Sementara itu, Indonesia lolos ke perempat final nomor beregu campuran BAJC 2023. Berdasarkan hasil undian, Indonesia akan berhadapan dengan runner-up Grup C yakni India.

Manajer tim Indonesia Eddy Prayitno menilai Alwi Farhan dkk sudah siap tempur menghadapi babak delapan besar. Berbekal juara Grup A, Indonesia siap melanjutkan tren positif tersebut hingga final nantinya.

“Melihat hasil undian kami sudah mempersiapkan diri selama tiga bulan untuk persiapan AJC 2023. Berbekal juara Grup A kami punya bekal yang luar biasa untuk menghadapi India,” ujar Eddy.

Baca juga: Alwi bawa Indonesia unggul 2-1 atas China di BAJC 2023

“Saat ini kondisi tim tidak ada kendala dan semua pemain dalam keadaan siap tempur. Kami berharap tren ini bisa terus berlanjut dari semifinal, hingga final,” imbuhnya.

Selain Indonesia lawan India, hasil undian perempat final lainnya pada paruh atas mempertemukan juara Grup C Malaysia melawan runner-up Grup D Thailand.

Sementara pada paruh bawah, China yang menjadi runner-up Grup A akan melawan Jepang yang merupakan juara Grup B. Sedangkan Taiwan, runner-up Grup B, akan melawan Korea Selatan sebagai juara Grup D.

Pertandingan babak perempat final bakal digelar Senin (10/7) pukul 09.00 WIB. Sementara semifinal diadakan pukul 16.00 WIB di hari yang sama.

Baca juga: Naya/Ara pastikan kemenangan Indonesia atas China di BAJC 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023