Balikpapan (ANTARA) - Sebanyak 299 haji Kelompok Terbang Dua asal Samarinda telah tiba di Debarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur melalui Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan Balikpapan, Minggu.

Rombongan haji telah tersebut disambut langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor di Ruang Jabal Nur, Asrama Haji Batakan, Balikpapan.

“Assalamualaikum bapak dan ibu jamaah haji semua, selamat datang kembali di Tanah Air, in syaa Allah hajinya mabrur,” tutur Isran Noor yang langsung diamini seluruh jamaah.

Gubernur mengungkapkan, pemerintah bersama seluruh rakyat Kaltim mengucapkan terima kasih kepada jamaah yang berangkat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, karena mendoakan bangsa dan negara.

“Itu saja, terima kasih atas doa bagi bangsa dan negara ini,” ucap Gubernur Kaltim itu.

Isran meminta maaf jika dalam melakukan pelayanan, pemerintah dan panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan, masih terdapat kendala dan kekurangan.

“Secara tulus kami meminta maaf, baik atas nama pemerintah provinsi, kabupaten/kota karena sebatas itu kemampuan kami,” ungkapnya.

Baca juga: Kloter 01 jamaah haji Debarkasi Kertajati tiba di Tanah Air sore ini

Sementara itu, Ketua PPIH Embarkasi Balikpapan, Abdul Khaliq menjelaskan, masa kedatangan jamaah Embarkasi Balikpapan sejak 8 Juli hingga 3 Agustus 2023 mendatang.

Debarkasi Balikpapan telah siap menyambut jamaah haji dan petugas petugas kloter yang berasal dari empat provinsi, yaitu Kaltim, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

“Semuanya telah kita persiapkan dengan baik,” ujar Khaliq yang juga menjabat Kepala Kanwil Kementerian Agama Kaltim ini.

Khaliq menguraikan Embarkasi Balikpapan pada musim haji 1444 hijriah/2023 ini terbagi dalam 21 kloter dengan rincian jamaah dari Kaltim berjumlah 2.676 orang dan Kalimantan Utara sebanyak 466 orang.

Sedangkan jamaah dari Sulteng dan Sulut masing-masing berjumlah 2.080 orang dan 750 orang dan ditambah dengan petugas haji sebanyak 97 orang.

Baca juga: PPIH: Jamaah haji gelombang II diberangkatkan ke Madinah mulai 10 Juli
Baca juga: PPIH tanazulkan peserta haji usai kondisi kesehatannya membaik 

Pewarta: Arumanto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023