Sampah terkena ombak besar
Jakarta (ANTARA) - Penjaga kawasan mangrove Jakarta Utara Samlawi mengatakan sampah-sampah yang timbul di Hutan Mangrove Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara berasal dari dua titik, yakni sampah dari laut dan Kali Angke.

"Sampah ini dari laut dan dari kali (angke). Sampah terkena ombak besar, lalu masuk samping-samping, baru dua minggu ini," kata Samlawi kepada wartawan di Jakarta Utara, Senin.

Menurut Samlawi, hutan mangrove memang memiliki kemampuan dalam menghalau sampah-sampah yang terbawa ombak. Namun kondisi itu penting disadari oleh permukiman di sekitarnya, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Selain masalah banjir, keberadaan sampah yang didominasi plastik dan terperangkap oleh mangrove itu akan mengganggu ekosistem yang hidup di perairan sekitarnya.

Selain itu, tumpukan sampah juga menjadikan kawasan pesisir Jakarta Utara itu terlihat kumuh. Karena tumpukan sampah itu, kondisi air laut di pesisir kawasan mangrove menghitam.

Ketua RW022 Pluit Bani Sadar mengatakan wilayah RW 022 Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, adalah satu di antara potret permukiman penduduk di sekitar yang bisa terdampak oleh kondisi yang mengganggu hutan mangrove tersebut.

Sebagai upaya mengurangi sampah, dia mengatakan wilayah yang dihuni 6.000-an orang itu telah menyiapkan petugas di masing-masing RT untuk mengingatkan warga-warganya agar tidak membuang sampah sembarangan, tapi di bak penampungan sampah sementara.

"Kami sudah minta warga membuang sampah ke bak penampungan sampah. Kami ada petugas yang otomatis mengingatkan masyarakat, siapapun, jangan sekali-kali membuang sampah karena dampaknya ke wilayah RW 022," kata Bani Sadar.

Baca juga: Bank Tanah lindung 507 hektare hutan bakau di Penajam untuk pariwisata

Baca juga: Nelayan pungut tiga ton sampah plastik per minggu di mangrove Bali

Baca juga: Telkomsel tanam 15.060 pohon di Kawasan Hutan Mangrove Indonesia

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023