Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Pemkab OKU Timur yang telah berpartisipasi menyukseskan program pemerintah dalam menurunkan angka stunting
Martapura (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan sukses menekan angka stunting sehingga Bupati Lanosin Hamzah dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Selasa, mengatakan penghargaan Manggala Karya Kencana didapat berkat kerja sama seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam menurunkan stunting di daerah itu.

"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Pemkab OKU Timur yang telah berpartisipasi menyukseskan program pemerintah dalam menurunkan angka stunting atau gagal tumbuh pada anak," katanya.

Dia menjelaskan, OKU Timur dinilai berhasil dalam menekan angka stunting dimana tercatat sebanyak 126 kasus per Februari 2023 atau turun dari 197 kasus dibandingkan tahun sebelumnya. Penurunan angka stunting berkat upaya berbagai instansi terkait di wilayah itu dalam melakukan intervensi yang tepat melalui pemberian makanan tambahan (PMT) pabrikan.

Bahkan, sejak tahun 2023 pihaknya memakai PMT lokal yang lebih banyak mengandung protein hewani.

Selain itu, kata dia, pihaknya pun menggencarkan sosialisasi tentang pentingnya menjaga asupan gizi bagi ibu hamil agar bayi di dalam kandungan terhindar dari stunting.

Mencukupi kebutuhan gizi selama kehamilan sangat penting seperti memperbanyak konsumsi yang mengandung zat besi dan asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf pada calon bayi.

"Berbagai upaya terus kami lakukan untuk menekan angka stunting di OKU Timur dengan target nasional turun menjadi 14 persen di tahun 2024," ujarnya.

Baca juga: Pemutakhiran data PK BKKBN dimanfaatkan kementerian tangani stunting
Baca juga: Wagub Lampung minta semua daerah bebas jamban cemplung
Baca juga: Lantamal VI kolaborasi dengan BKKBN Sulsel turunkan stunting

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023