Semarang (ANTARA) - Kontingen Palang Merah Indonesia Jawa Tengah meraih peringkat pertama Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional IX Tahun 2023 yang berlangsung di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada 2-10 Juli 2023

“PMI Provinsi Jateng meraih peringkat pertama Jumbara PMR Nasional 2023,” kata Ketua PMI Jateng Sarwa Pramana yang memimpin Kontingen PMI Jateng pada Jumbara PMR Nasional IX/2023, di Semarang, Selasa.

Baca juga: Peserta PMR dari ASEAN bangga hadiri Jumbara di Lampung Selatan

Ia mengungkapkan prestasi itu diraih Kontingen PMI Jateng karena nilai portofolio Jateng yang bagus mencapai 60 persen, sedangkan 40 persen sisanya berasal dari kegiatan lomba di Jumbara PMR IX/2023.

"Portofolio itu meliputi kapasitas sukarelawan, keahlian, data, dan semua dokumen yang diskenariokan untuk kegiatan tersebut, mulai dari seleksi awal hingga final," katanya.

Menurut dia, PMI Jateng akan berupaya mempertahankan prestasi tersebut di antaranya dengan cara meningkatkan kapasitas sukarelawan, menjaga performa setiap tim, terus berinovasi dalam menampilkan kesenian daerah, serta meningkatkan kemampuan personel dalam berbahasa dan mempertahankan adat dan kebudayaan daerah lokal.

Baca juga: Jusuf Kalla: Jumbara ajang silaturahim anggota PMR

Dia berharap kekompakan tim dan kapasitas para pembina dan pendamping yang telah berpengalaman di Jumbara lebih ditingkatkan lagi.

“Ini kabar baik sekaligus tantangan untuk mempertahankan, tidak perlu jumawa karena ini sifatnya evaluasi hasil belajar,” ujarnya.

Sarwa berpesan agar prestasi tersebut juga menjadi motivasi untuk berperan nyata di lingkungan sekitar.

Baca juga: Sekjen PMI: Jumbara sebagai ajang menumbuhkembangkan jiwa kesukarelaan

“Saya juga berpesan agar hasil Jumbara PMR Nasional 2023 menjadi motivasi untuk berkarya nyata, berperan di sekolah atau lingkungan masing-masing. Adik-adik harus bisa membuktikan bahwa ikut PMR itu banyak sekali manfaatnya, meningkatkan kreativitas dan prestasi,” katanya.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023