Jadi data yang kami terima itu ada 609 orang peserta sakit, dan itu hasil dari tim kami, dari peserta mendatangi kontingen dan penginapan serta yang lainnya, untuk diperiksa
Lampung Selatan (ANTARA) - Sebanyak 609 peserta mengalami sakit saat mengikuti kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) IX Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung,

"Jadi data yang kami terima itu ada 609 orang peserta sakit, dan itu hasil dari tim kami, dari peserta mendatangi kontingen dan penginapan serta yang lainnya untuk diperiksa," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan Devi Arminanto, di Kalianda, Minggu.

Ia mengatakan dari total jumlah peserta yang sakit tersebut, sebagian dirujuk ke rumah sakit terdekat. "Yang dirujuk ke RS Bob Bazar itu ada 42 orang dan yang rawat inap ada 31 orang, serta sudah pulang ada 23 orang," ucapnya.

Dia juga membenarkan sampai saat ini masih ada peserta Jumbara yang dirawat di rumah sakit, karena kondisi pasien masih belum bisa dipulangkan.

"Terus yang masih dirawat ada delapan orang lagi, dan delapan orang itu dari Kontingen Bali satu orang, Bengkulu dua orang, negara sahabat Italia satu orang, Jambi dua orang, Sumatera Barat satu orang, dan Kontingen Jakarta satu orang," kata Devi.

Baca juga: Jusuf Kalla: Jumbara ajang silaturahim anggota PMR

Mayoritas penyakit yang diderita para peserta Jumbara, kata dia, adalah penyakit dampak perubahan iklim atau perubahan cuaca yang membuat daya tahan tubuh mereka melemah serta alergi pada makanan.

"Ada yang alergi makanan, ada yang muntah-muntah, diare, dan sebagian lagi juga karena perubahan iklim, mereka terkena penyakit batuk, panas, pilek, dan lain-lain," ujarnya.

Untuk seluruh biaya perawatan dari peserta yang harus dirawat di rumah sakit, kata dia,  seluruhnya ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Jadi untuk pembiayaan khususnya yang dirujuk itu semuanya sudah menjadi suatu tanggung jawab ya jadi seluruhnya mereka ditanggung BPJS," ujar Devi.

Jumbara IX telah berakhir dan berlangsung di Lampung Selatan 2-9 Juli 2023. Saat ini sebagian besar peserta Jumbara telah pulang ke daerah atau tempat tujuan masing-masing.

Baca juga: Jumbara PMR Nasional IX 2023 di Lampung Selatan berakhir

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023