Lampung Selatan (ANTARA) - Masyarakat antusias mengunjungi dan menonton meriahnya malam pentas seni pada ajang Jumpa Bakti Gembira (Jumbara), Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Nasional ke-IX 2023, di Lampung Selatan.

Berdasarkan pantauan Antara dilokasi, terlihat ribuan masyarakat Lampung Selatan melihat pentas seni dari berbagai provinsi yang menampilkan keanekaragaman budaya.

Salah satu warga Kalianda, Nasehudin, Selasa, mengatakan dirinya turut bangga atas inovasi pemerintah daerah dalam menyambut Jumbara nasional,

"Mengingat agenda ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan 5 tahun sekali, dan Kabupaten Lampung Selatan menjadi tuan rumah pada tahun ini," kata Nasehudin, di Kalianda.

Baca juga: Kehadiran JK di kemah Kontingen PMI Jabar jadi motivasi peserta

Baca juga: Pemkab Lampung Selatan kenalkan UMKM dan wisata di Jumbara 2023


Ia mengatakan, dirinya mengunjungi ajang Jumbara ini karena ingin melihat berbagai ragam suku dan budaya dari seluruh Indonesia.

"Tentunya ingin melihat Indonesia mini di acara ini, karena 34 provinsi yang ada di Indonesia ada di satu titik yakni di Kalianda Lampung Selatan," katanya.

Selanjutnya salah satu pengunjung Mia Melinda, dari Lampung Selatan, mengatakan dirinya mengunjungi Jumbara tersebut ingin melihat berbagai macam kesenian dan adat dari berbagai provinsi.

"Saya ingin tau bagaimana Jumbara itu dan serta budaya-budaya dari berbagai provinsi, apalagi saya lihat ada adat yang menonjol seperti kontingen Bali dan lainnya," kata Mia Melinda.

Jumbara PMR diikuti peserta dari 34 provinsi dari seluruh Indonesia, dan 12 negara sahabat.*

Baca juga: Jusuf Kalla: Jumbara ajang silaturahim anggota PMR

Baca juga: Peserta PMI diberi pelatihan jurnalistik remaja di Jumbara

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023