Tentunya, kesenian Tari Topeng Kelana bisa dikenal luas dan semakin mendunia.
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Barat (Jabar) mempromosikan kesenian khas Jabar dalam ajang "got talent" atau punya bakat pada Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merag Remaja (PMR) tingkat nasional IX di Provinsi Lampung.

"Jabar memiliki banyak kesenian, maka pada ajang got talent ini, saya berusaha menampilkan yang terbaik karena tidak hanya menargetkan juara, tetapi juga ingin mempromosikan sekaligus mengenalkan kesenian dari Sunda," kata peserta Kontingen PMI Jabar Putri Alexsa Pratiwi saat dihubungi pada Rabu (5/7).

Pada ajang got talent itu, Putri menampilkan kesenian Jabar yakni Tari Topeng Kelana yang merupakan kesenian khas dari daerah Cirebon. Aksi panggung yang ditampilkannya ini mendapatkan apresiasi dan decak kagum peserta dari berbagai kontingen.

Menurut Putri, diharapkan melalui kesenian yang ditampilkannya tersebut bisa mengenalkan kesenian dan kekayaan kebudayaan yang dimiliki oleh Jabar. Sebab, peserta Jumbara ini tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, tetapi ada peserta dari 12 negara sahabat.

Tentunya, kesenian Tari Topeng Kelana bisa dikenal luas dan semakin mendunia, sehingga bisa menarik kedatangan wisatawan maupun pelajar dari daerah maupun mancanegara ke Jabar.

"Berharap Tari Topeng Kelana khas Cirebon ini bisa menjadi yang terbaik bahkan juara pada ajang got talent di Jumbara PMR tingkat nasional," katanya pula.

Sub Koordinator Got Talent Jumbara PMR tingkat nasional IX Deny Erna Astuti mengatakan awalnya kegiatan got talent di Jumbara sebelumnya bernama PMR favorit, namun tahun dikemas sedemikian rupa akhirnya disepakati menjadi Jumbara Got Talent.

Alasan mengubah nama tersebut karena masing-masing anggota PMR dari tingkatan mula, madya hingga wira mempunyai bakatnya. Mereka yang tampil ini sebelumnya sudah diseleksi.

Awalnya ada 102 peserta dari 34 kontingen dimana setiap tingkatan PMR menampilkan bakatnya, kemudian dari hasil seleksi tersebut hanya 60 peserta yang diambil untuk menunjukkan bakatnya langsung saat Jumbara di Lampung ini. Nantinya dari hasil penilaian hanya akan ada tiga peserta yang terpilih sebagai yang terbaik.

Dengan adanya Jumbara Got Talent ini, PMI bisa memfasilitasi bakat yang ada pada diri peserta, sehingga mereka bisa mengaktualisasikan bakatnya yang selama ini terpendam.
Baca juga: Kontingen PMI Jabar siap tampilkan kearifan lokal Sunda di Jumbara
Baca juga: Kehadiran JK di kemah Kontingen PMI Jabar jadi motivasi peserta

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023