Praktik baik dari Indonesia ini dapat diadopsi negara-negara lain
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyampaikan praktik tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) Desa mempercepat pencapaian pembangunan.

"Praktik baik dari Indonesia ini dapat diadopsi negara-negara lain," ujar Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kemendes PDTT, Ivanovich Agusta dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dalam High-Level Political Forum on Sustainable Development 2023, di PBB, New York, Amerika Serikat, Selasa waktu setempat, ia menyampaikan Indonesia berbagi pengalaman perihal aksi-aksi pelokalan SDGs di semua tingkatan, mulai dari tingkat nasional, daerah, hingga desa.

Di tingkat desa, kata dia, Indonesia memiliki sejumlah arah kebijakan, seperti inisiatif SDGs Desa yang digagas Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar untuk memberdayakan masyarakat desa.

Baca juga: Kemendes PDTT wakili Indonesia pamerkan capaian SDGs Desa di PBB

Baca juga: Mendes PDTT: SDGs Desa perkuat posisi perempuan desa


"Mereka berkontribusi secara aktif mendukung SDGs Desa, melalui fasilitas alat, pengetahuan, dan sumber daya lain," kata Ivanovich dalam sesi Transformation from the ground up: Acting at local level.

Dalam pertemuan yang dihadiri delegasi dari 196 negara itu, ia juga mengatakan dua kota besar, yaitu Jakarta dan Surabaya saat ini telah menyusun Voluntary Local Review (VLR) dokumen pelokalan SDGs.

"VLR ini menyoroti kebijakan dan program untuk mengurangi kemiskinan, memberdayakan masyarakat, dan memajukan pertumbuhan yang inklusif serta berkelanjutan," paparnya.

Ia menambahkan laporan pemerintah daerah ini menginspirasi kota-kota lain di Indonesia untuk mempercepat kemajuan SDGs, kemudian merumuskan laporannya.

"Kami berharap tindakan transformatif, solusi inovatif dan kemajuan yang dicapai masyarakat desa tidak hanya diakui, tetapi juga praktik baik ini dibagikan dan dapat direplikasi di seluruh negara anggota PBB," ujar Ivanovich.

Baca juga: Kemendes PDTT: Pelokalan SDGs tingkat desa disepakati ASEAN

Baca juga: Deputi ASEAN apresiasi Indonesia bangun perbatasan berbasis SDGs Desa


 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023