Jakarta (ANTARA) - Penari sekaligus pemain film Ken Sasmara Ajisiwi atau dikenal sebagai Ara Ajisiwi mengulangi perannya sebagai tokoh Ken Dedes dalam musikal "Ken Dedes" yang akan digelar pada 16 - 17 dan 23 - 24 September 2023 di Ciputra Artpeneur Jakarta.

Pertunjukan musikal "Ken Dedes" sebelumnya dihadirkan selama dua hari pada 18 dan 19 Maret 2023 di lokasi yang sama. Berbeda dari sebelumnya, Ara Ajisiwi harus tampil delapan kali dalam dua pekan atau dua kali lebih banyak dan untuk itu dia mempersiapkan stamina agar mumpuni menjalani perannya.
 
"Vitamin, istirahat yang cukup, makan yang sehat, jadi enggak gampang sakit. Sama enggak boleh kebanyakan ngomong," kata Ara Ajisiwi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Musikal "Ken Dedes" bakal ditampilkan lagi, apa bedanya dengan dulu? 
 
Khusus untuk makanan, Ara Ajisiwi mengaku menyetop asupan hidangan yang digoreng dan hidangan dengan tambahan bumbu penyedap. Kemudian, demi kebugaran, dia biasanya menari balet setiap pagi.
 
Sebelum terlibat dengan pertunjukan musikal "Ken Dedes", Ara pernah berpartisipasi dalam sejumlah judul film, salah satunya "Catatan Si Boy". Ketika ditanya perbedaan berakting dalam film dan teater, dia mengatakan berakting untuk film lebih menantang.
 
"Lebih menantang di film karena aku biasa di teater jadi misal gestur kegedean, jadi, harus dikecilin. Kalau film harus lebih natural," tutur Ara.
 
Ara mengatakan musikal "Ken Dedes" mengangkat sejarah Indonesia dengan kemasan menyesuaikan zaman sekarang sehingga muda-mudi masa kini.
 
Sementara itu, produser "Ken Dedes" dari EKI Dance Company Aiko Senosoenoto mengatakan musikal "Ken Dedes" digelar kembali sekaligus menjadi penghormatan pada sutradara dan koreografer Rusdy Rukmarata yang meninggal dunia pada April 2023.
 
Selain Ara, jajaran pemain lainnya masih sama antara lain Ara Ajisiwi (Ken Dedes), Taufan Purbo (Ken Arok), Nala Amrytha (Ken Umang), Fatih Unru (Anusapati), Gerry Gerardo (Tohjaya), Uli Herdi (Tunggul Ametung), Takako Leen (Bu Laras), Moh. Iqbal Sulaiman (Suho) dan Yosep Wahyu Tristiantoro (Regawa).

Hanya Nanang Hape yang digantikan Kiki Narendra karena berhalangan ikut serta. Kemudian, bila pada pertunjukan pertama, pertunjukan musikal itu dihadiri sekitar 4.000 penonton, maka pada September mendatang diharapkan melebihi itu.
 
Berbicara tiket, penjualan lebih awal dibuka hari ini dengan harga mulai Rp250.000 hingga Rp1.050.000.

Baca juga: Musikal Ken Dedes siap digelar Maret, tiket pertunjukan sudah tersedia

Baca juga: "Ande-Ande Lumutan" hadirkan perpaduan budaya tradisional dan modern

Baca juga: Camp Broadway Indonesia tampil perdana bawakan drama musikal Annie

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023