Ini adalah tugas mulia sekaligus peluang yang tidak didapatkan oleh semua siswa. Manfaatkan ini untuk menambah pengalaman dan jaringan dari seluruh Indonesia
Padang (ANTARA) -
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi melepas dua siswa yang akan ikut mengemban tugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2023.
 
"Ini adalah tugas mulia sekaligus peluang yang tidak didapatkan oleh semua siswa. Manfaatkan ini untuk menambah pengalaman dan jaringan dari seluruh Indonesia," katanya saat melepas dua siswa tersebut di Padang, Kamis.
 
Dua siswa yang menjadi perwakilan Sumbar itu adalah Alfin Alfarisi dari SMA Negeri 1 Padang dan yang Afifah Rinra Putri dari SMA Negeri 1 Payakumbuh.
 
Mahyeldi menyebut pengalaman dan jaringan itu akan dibutuhkan nanti untuk meniti masa depan. Karena itu kesempatan besar itu tidak boleh dilepaskan.
 
"Mulai sekarang jaga kesehatan. Fokus untuk berlatih. Jaga silaturahmi dengan sesama anggota dan pelatih, sehingga bisa menunaikan amanah dengan baik," katanya.

Baca juga: LPTTK: Disiplin kunci SMA Kebangsaan lahirkan anggota Paskibraka 2023
 
Selain itu ia juga mengingatkan dua orang tersebut tidak hanya membawa nama pribadi, tetapi juga nama daerah karena itu ia berpesan agar tetap menjaga nama Sumbar di tingkat nasional.
 
Alfin Alfarisi sebagai perwakilan Sumbar asal SMA N 1 Padang menyebut perjuangan untuk menjadi perwakilan Paskibraka di tingkat nasional bukan hal yang mudah. Mereka harus melewati berbagai proses seleksi secara bertingkat, mulai dari kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. Dari ratusan siswa yang ikut seleksi hanya dua orang yang terpilih.
 
"Kami akan memberikan yang terbaik untuk menunaikan tugas dan mengharumkan nama daerah," katanya.
 
Sementara itu Afifah Rinra Putri mengatakan selain akan bertugas sebagai anggota Paskibraka, sesampai di Istana Negara nantinya, mereka juga akan menampilkan tarian tradisional Minangkabau (Tari Piring) sebagai bahagian dari pengenalan budaya daerah, kepada para perwakilan provinsi lainnya.
 
Sebelumnya ada 56 siswa SMA/SMK dan sederajat dari seluruh kabupaten/kota se-Sumbar yang lolos ke tahapan seleksi perwakilan provinsi untuk nasional. Setelah proses seleksi, dua orang dinyatakan lolos untuk menjadi anggota Paskibraka Nasional dan 54 lainnya menjadi anggota Paskibraka Provinsi Sumbar.
 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023