Jakarta (ANTARA) -
Partai Amanat Nasional (PAN) berkomitmen meningkatkan keterlibatan perempuan dalam dunia politik demi menghadirkan kebijakan-kebijakan yang lebih berkeadilan gender.
 
"Dengan demikian, diharapkan ke depan segala kebijakan yang diambil juga lebih berkeadilan gender dan mampu merespons berbagai permasalahan yang dihadapi perempuan," kata anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN Dian Istiqomah, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Ia juga menyampaikan wujud komitmen tersebut dapat dilihat melalui keberadaan organisasi sayap partai bernama Perempuan Amanat Nasional (PUAN). Dalam organisasi tersebut, PAN memberikan wadah bagi perempuan Indonesia untuk berpolitik serta menyampaikan aspirasi.
 
Melalui keberadaan PUAN, PAN memberikan wadah pendidikan politik kepada kader perempuan. Dengan begitu, kader perempuan PAN yang ada di parlemen dapat menjawab tantangan yang sedang dihadapi oleh kaum hawa di Tanah Air.

Baca juga: Perempuan Amanat Nasional usul PAN usung Erick Thohir jadi cawapres

Baca juga: Ketua Umum PUAN tegaskan PAN siap kolaborasi untuk kemajuan bangsa
 
Berikutnya, Dian menambahkan sejauh ini, para kader perempuan PAN senantiasa berperan aktif menjadi contoh agar kaum hawa mau berpolitik. Hal tersebut, lanjut dia, juga ditujukan agar minat perempuan dalam politik terus meningkat.
 
"Kami harus memberikan contoh untuk mau dan berani mengisi kuota (perempuan di parlemen) yang telah disediakan negara, ikut terlibat dalam pengambilan keputusan," kata dia.
 
Lebih lanjut, Dian menyampaikan salah satu langkah yang dilakukan kader PAN untuk mendorong keterlibatan perempuan di dunia politik adalah dengan secara aktif menemui perwakilan kelompok perempuan. Selain bertujuan mendorong keterlibatan perempuan dalam politik, tambah dia, langkah tersebut juga dilakukan untuk mendengar berbagai aspirasi.
 
"Kami harus menyempatkan waktu untuk duduk bersama dengan perwakilan perempuan-perempuan," ucap dia.
 
Sejak didirikan, PUAN PAN menghadirkan banyak aksi untuk membantu kegiatan sosial bagi kaum perempuan. Adapun bentuk aksi nyata dari PUAN PAN itu adalah memberikan wawasan kepada pelaku usaha kecil, menyediakan fasilitas kesehatan, dan mewadahi aspirasi hak perempuan.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023