Jakarta (ANTARA) - Pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) kembali digelar tahun ini sebagai bentuk komitmen PT Pamerindo Indonesia dalam mendukung pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan pada sektor Hospitality dan F&B di Indonesia.

FHI yang kini menjadi ajang tahunan mengajak kembali para pelaku usaha, profesional dan penggiat di bidang industri perhotelan (Hospitality) dan makanan & minuman (food & beverages atau F&B) untuk bergabung dalam ajang pertemuan bisnis dan pameran dagang internasional terdepan dan terlengkap di Indonesia

Sesuai dengan tema tahun ini "Counteract the Environmental Impact Through Sustainability Towards the Global Market”, FHI 2023 didedikasikan sebagai pameran yang sadar akan dampak lingkungan di masa depan.

“Sustainability menjadi pendekatan yang dapat diaplikasikan dalam setiap tindakan usaha untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan berdampak positif," ujar Event Director FHI 2023 Juanita Soerakoesoemah dalam keterangannya yang diterima di Jakarta pada Jumat.

Baca juga: Pameran Food & Hotel Indonesia 2022 tampilkan "sustainability event "

Tahun ini, salah satu inisiatif utama dari FHI adalah mengurangi sampah makanan, oleh karenanya FHI berkolaborasi dengan ALLAS project, sebuah inisiatif berbasis komunitas yang mempromosikan keberlanjutan dengan mengumpulkan dan membersihkan wadah makanan agar dapat digunakan kembali dan tidak terbuang.

FHI tahun ini juga menjalin kerjasama dengan Alton Waste Management, penyedia jasa olah limbah tepercaya di Indonesia yang berfokus pada layanan distribusi limbah kardus dengan moto “Go Green”.

Selain itu, FHI telah menerapkan mesin timbang berteknologi tinggi untuk secara akurat mengukur berat bersih karton curah yang diangkut dengan truk, memastikan pengelolaan limbah yang efisien.

Pameran menggunakan sumber listrik yang terbarukan dengan emisi karbon netral, mendesain area pameran dengan bahan material yang ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan karpet pada lantai pameran, meminimalisasi tingkat limbah yang dihasilkan khususnya dari sampah botol plastik dengan mengajak pengunjung dan peserta pameran untuk #BringYourOwnTumbler.

Sebagai upaya menggelar pameran berkelanjutan dan mendukung perwujudan Indonesia 4.0 di tahun 2030, FHI 2023 memanfaatkan teknologi digital yang berkelanjutan dan dapat membantu mengurangi jejak karbon untuk masa depan.

FHI 2023 digelar bersamaan dengan ajang Hotelex Indonesia dan Fine Food Indonesia serta Retail Indonesia, pada 25 - 28 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran Jakarta Pusat. 

Baca juga: Food & Hotel Indonesia 2022 tarik perhatian 32.000 pengunjung

Pameran akan memberikan akses global bagi pengunjung ke lebih dari ratusan perusahaan manufaktur, distributor, dan retail unggulan dengan lebih dari ribuan merek yang berasal dari 30 negara.

“Hingga saat ini, telah bergabung 692 perusahaan exhibitor yang terdiri dari 401 perusahaan lokal serta nasional dan 291 perusahaan luar negeri,” ujar Juanita.

Pengunjung FHI tahun ini berkesempatan lebih untuk belajar langsung dari para ahli di Industri ini sekaligus menjalin koneksi dengan para profesional melalui banyak ragam kegiatan pendukung yang dihadirkan oleh berbagai partner asosiasi bidang industri F&B dan perhotelan yang turut disponsori oleh perusahaan peserta pameran FHI 2023.

Dalam FHI 2023 akan kembali diselenggarakan the 13th Salon Culinaire, merupakan kompetisi adu keahlian kuliner chef internasional dari berbagai kategori, serta Wok Competition yang diselenggarakan oleh Association Culinary Professionals Indonesia (ACP).

Baca juga: Pameran Food & Hotel Indonesia diikuti 500 perusahaan dari 26 negara

Selain itu ada juga Asia Pastry & Baking Challenge diselenggarakan oleh Indonesia Pastry Alliance (IPA) yang juga menghadirkan Spirit of Indonesian Chocolate berkolaborasi dengan Indonesia Sommelier Association (ISA), Gelato Workshop oleh Carpigiani, edisi terbaru Indonesia Coffee Events (ICE) oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), Wine Masterclass dan Sommelier Competition oleh Indonesia Sommelier Association (ISA).

Lalu kegiatan paling anyar yang hadir di FHI 2023, yaitu Coffee Talk oleh Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) dan Barnation, sebuah kompetisi bartender kolaborasi dengan Indonesia Food & Beverage Executive Association (IFBEC) .

Redbull turut memeriahkan perhelatan FHI 2023 dengan mengadakan acara networking yang akan menampilkan keseruan Party Truck Event bersama DJ ternama Ibukota. Selain itu, untuk pertama kali APEDA menjadi bagian dari FHI untuk kategori produk daging yang akan mengadakan seminar bersama BULOG.

Akses masuk pengunjung FHI 2023 telah dibuka melalui pre-registrasi hingga tanggal 17 Juli 2023 di halaman https://bit.ly/fhi2023pre-reg . Pengunjung yang melakukan pre-regitrasi nantinya akan mendapatkan akses masuk gratis senilai Rp. 150.000,- untuk 4 hari penuh penyelenggaraan FHI 2023. Calon pengujung dapat mengakses www.foodhotelindonesia.com dan akun istagram resmi FHI di @foodhotelindonesia_fhi untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Produk makanan dan minuman Indonesia hadir di Hace Hotel Expo Mesir

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023