Jakarta (ANTARA) - Pameran Food and Hotel Indonesia (FHI) 2023, yang digelar pada 25 Juli hingga 28 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO), menarik lebih dari 36 ribu pengunjung.

“Mulai tahun ini, FHI secara resmi menjadi ajang tahunan, yang sebelumnya hadir setiap dua tahun sekali. Kehadiran FHI setiap tahunnya akan memberikan akses lebih untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing pelaku usaha di pasar global,” kata Event Director FHI 2023 Juanita Soerakoesoemah dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pameran FHI juga diramaikan oleh lebih dari 750 perusahaan yang terdiri dari lebih dari 450 perusahaan lokal atau nasional dan lebih dari 300 perusahaan luar negeri dari 31 negara/wilayah yang bergerak di bidang industri hospitality (perhotelan) serta food and beverage (makanan dan minuman).

Pameran FHI 2023, yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin, dilakukan dalam rangka mendukung industri F&B dan hospitality di Indonesia yang terus bertumbuh.

Juanita mengatakan salah satu kunci suksesnya gelaran FHI adalah banyaknya jalinan bisnis yang terjadi selama pameran berlangsung.

Baca juga: Pameran dagang FHI kembali hadir dengan inisiatif keberlanjutan

Sejatinya, pameran itu mempertemukan pelaku industri dan calon pelanggan agar terjadi pembicaraan hingga perjanjian bisnis yang difasilitasi oleh Business Matching Programme dari FHI, yakni platform bagi pengunjung dan pelanggan untuk dapat melakukan pertemuan bisnis secara privat dengan perusahaan peserta pameran.

“Selama pameran berlangsung telah terjadi lebih dari 450 business meetings (pertemuan bisnis) dari berbagai usaha dalam industri hospitality dan F&B,” ujar Juanita.

Juanita menambahkan dalam mendukung pertumbuhan bisnis di sektor tersebut, FHI 2023 telah menghadirkan beragam acara pendukung yang digelar bersama mitra asosiasi maupun komunitas profesional industri.

Manajer Komunikasi Pemasaran FHI 2023 Leonarita Hutama menambahkan sejalan dengan tema “Counteract the Environmental Impact Through Sustainability Towards the Global Market”, FHI 2023 telah siap menjadi katalisator bagi praktik berkelanjutan.

“FHI 2023 menghadirkan beragam merek dagang yang mengutamakan keberlanjutan dan menawarkan produk serta layanan yang ramah lingkungan untuk menginspirasi pelanggan kami dalam membuat pilihan yang lebih bijak untuk masa depan yang lebih baik,” ungkap Leona.

Leona mengatakan kehadiran FHI 2023 merupakan bagian dari komitmen PT Pamerindo Indonesia untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di sektor perhotelan dan F&B Indonesia, sejak lebih dari 29 tahun lalu.

Baca juga: Pelaku bisnis manfaatkan ajang FHI 2023 perluas pasar global

Baca juga: PHRI imbau penonton konser Coldplay luar kota segera reservasi hotel

Baca juga: Pebisnis kuliner UMKM Bali disiapkan kelas gratis kiat jadi juara

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023