Kapuas Hulu (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti bersama Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Puring Kencana memberikan layanan kesehatan deteksi dini penyakit untuk warga lanjut usia (lansia) di wilayah perbatasan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti Mayor Arm Ady Kurniawan di Kapuas Hulu, Sabtu, mengatakan pihaknya menurunkan prajurit bidang kesehatan bekerja sama dengan puskesmas setempat.untuk layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya warga lansia.

Baca juga: TNI gelar sunatan massal di Sentabai, desa pelosok Kalimantan Barat

Dia mengatakan tenaga kesehatan Pos Satgas Pamtas selalu berusaha semaksimal mungkin untuk bersinergi dengan petugas kesehatan di perbatasan salah satunya puskesmas dalam menjalankan program pemerintah untuk membudayakan gaya hidup yang sehat sehingga masyarakat dapat terhindar dari risiko penyakit demi terciptanya lingkungan dan masyarakat yang sehat.

"Kami sebagai prajurit TNI terus berupaya untuk membantu setiap kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Bidan Puskesmas Puring Kencana Adriani mengatakan layanan kesehatan untuk lansia itu merupakan upaya deteksi dini penyakit pada lansia yang merupakan program posyandu lansia.

Baca juga: TNI siap membantu kesulitan masyarakat pedalaman di Kalbar

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan bagi lansia sangat penting dilakukan secara rutin untuk mengetahui atau deteksi dini penyakit masyarakat, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan dan pengobatan.

Dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, kata dia, perlu kerja sama semua pihak, sehingga terwujud masyarakat yang sehat di daerah perbatasan.

Baca juga: Pos gabungan Indonesia-Malaysia tingkatkan kerjasama jaga perbatasan

"Kami berterima kasih atas kerja sama TNI, tentunya kami sangat terbantu atas kepedulian prajurit Satgas Pamtas," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023