Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, bekerja sama dengan Kantor Bank Indonesia dan perwakilan BNI di Singapura, mendirikan Indonesia House of Beans Singapore (IHOB Singapore) pada 13 Juli 2023.

Menurut siaran pers KBRI Singapura yang diterima di Jakarta, Senin, pendirian IHOB Singapore tersebut bekerja sama dengan mitra gerai kopi Singapura yang memiliki lima toko di Singapura, yaitu 6 oz Espresso Bar.

“IHOB Indonesia ini kedepannya juga menjadi ruang khusus bagi para UMKM eksportir kopi Indonesia agar mereka mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk bisa memasarkan produk mereka di Singapura, sehingga mereka bisa naik kelas untuk bersaing di pasar ekspor global,” kata Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo.

Pratomo mengatakan bahwa IHOB Singapore adalah contoh nyata di mana seluruh elemen dan pemangku kepentingan, termasuk di dalamnya lembaga pemerintah, BUMN, mitra swasta, dan mitra dari negara lain membangun kerja sama yang kohesif dan sinergis.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Didi Sumedi juga mengatakan bahwa pendirian IHOB Singapore merupakan langkah nyata Kemendag untuk selalu membangun strategi promosi yang berkelanjutan dan kolaboratif.

“Dengan menggandeng mitra strategis seperti Bank Indonesia dan para bank BUMN, kami mencoba memperkuat sinergitas antar lembaga demi strategi promosi ekspor yang lebih komprehensif,” kata Didi.

Didi menambahkan bahwa Singapura merupakan salah satu negara terpenting untuk tujuan ekspor kopi Indonesia dan menjadi barometer tren perkembangan industri di kawasan dan juga di dunia karena Singapura memiliki karakter pasar sebagai “meeting pod.”

Menurut KBRI Singapura, IHOB Singapore akan berfungsi sebagai ruang pertunjukan permanen yang akan menampilkan beragam varian biji kopi terbaik dari Indonesia dan juga berfungsi sebagai tempat komersil untuk menjual dan memasarkan biji kopi Indonesia.

IHOB Singapore akan melakukan seleksi dan kurasi varian biji kopi Indonesia untuk kemudian dibeli oleh 6 oz Espresso Bar dan varian biji kopi akan ditampilkan di IHOB Singapore bergantian setiap tiga bulan.

Seluruh varian biji kopi pilihan dari Indonesia yang lolos seleksi dan kurasi akan dijual secara komersil di IHOB Singapore, baik secara langsung ke konsumen maupun bisnis ke bisnis, kepada gerai-gerai kopi lainnya atau pedagang dalam berbagai kemasan.

Adapun kopi Indonesia akan dipasarkan dalam kemasan standar 250 gram hingga 1 kg, coffee pods dan coffee capsules, hingga kemasan untuk wholesale 60 kg.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) mengenai pendirian IHOB Singapore tersebut disaksikan oleh Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi, dan perwakilan dari Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura dan Asosiasi Kopi Singapura (Singapore Coffee Association/SCA).

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023