mudah-mudahan sore ini jenazah sudah diterima pihak keluarga di Bangka
Sungailiat (ANTARA) - Seorang haji asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamilan bin Salidin Anja (74) meninggal dunia dalam pesawat dari Mekkah menuju bandara Kualanamu Medan, Selasa dinihari.

Ketua kloter 10 yang juga Tim Pendamping Haji dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Suparhun, dalam keterangan, Selasa mengatakan, Kamilan bin Salidin Anja dinyatakan meninggal dunia beberapa saat sebelum tiba di Bandara Kualanamu Medan atau sekitar pukul 01.55 WIB.

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan yang bersangkutan sudah mengalami sakit sejak 12 Juli 2023 dan sempat dirujuk ke RS King Faisal dengan penurunan kesadaran Sepsis Pneumonia.

Baca juga: Seorang haji Debarksi Solo meninggal di pesawat perjalanan pulang 
Baca juga: Satu calon haji Embarkasi Solo meninggal di pesawat menuju Tanah Suci

Pada tanggal 16 Juli 2023, Kamilan dipulangkan atas persetujuan Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP), kondisi stabil dan 17 Juli 2023 jamaah ikut pulang ke Indonesia dengan persetujuan istri, setelah mendapat penjelasan dari tenaga kesehatan haji (TKH) mengenai resiko yang mungkin terjadi dalam penerbangan.

Tanggal 18 Juli 2023, sekitar 40 menit sebelum pesawat akan mendarat, Kamilan tidak dapat dibangunkan dengan keadaan yang sudah tidak stabil.

"Informasi terbaru jenazah Kamelan (74) warga Lingkungan Cendrawasih 4, Kelurahan Sri Menanti, Kecamatan Sungailiat akan dibawa hari ini, namun transit ke Jakarta dan mudah-mudahan sore ini jenazah sudah diterima pihak keluarga di Bangka," kata Suparhun.

Baca juga: Satu haji Jateng meninggal setibanya di Asrama Haji Donohudan
Baca juga: PPIH terus mencari seorang haji yang belum ditemukan
Baca juga: Komisi VIII DPR segera bentuk Panja Evaluasi penyelenggaraan haji

Pewarta: Kasmono
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023